Connect with us

headline

Pj. Sekda Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 Lingkup Pemprov Maluku

Published

on

AMBON- Pemerintah Provinsi Maluku menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Maluku, Rabu (17/8/2022). Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Sadali Ie.

Upacara di ikuti para Staff Ahli Gubernur Maluku, para Asisten Sekda, pimpinan OPD lingkup Pemda Provinsi Maluku, para pejabat struktural, pejabat fungsional dan ASN lingkup Provinsi Maluku.

Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam sambutannya yang disampaikan Pj. Sekda mengatakan, hari ini seluruh warga negara dan bangsa Indonesia sangat bersukacita, karena 77 tahun yang lalu, Soekarno dan Hatta, atas nama bangsa Indonesia memproklamirkan Kemerdekaan Negara Indonesia, sebagai negara yang merdeka, dan terbebas dari belenggu penjajahan.

Dengan demikian, kemerdekaan yang telah kita peroleh, jangan disia-siakan dan harus dipertahankan serta diwujudkan dalam tindakan dan perbuatan nyata.

Perjuangan kemerdekaan yang dilakukan oleh para pahlawan dan pejuang kemerdekaan Indonesia, kata Gubernur merupakan bukti sejarah yang seharusnya tetap dikenang.

“Perjuangan yang dilakukan tersebut, bukanlah dengan mudah dan gampang, tetapi dengan semangat patriotisme mereka berjuang serta mengorbankan jiwa dan raga demi Kemerdekaan Indonesia,” kata Gubernur mengingatkan.

Dikatakan, peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia memiliki makna yang luas dan dalam bagi seluruh warga negara Indonesia.
Untuk itu, Gubernur mengingatkan, hendaknya peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI, yang senantiasa dilaksanakan setiap tahun tidaklah dijadikan sebagai kegiatan seremonial semata, namun dapat mengambil hikmah dari perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan, pejuang dan pendahulu kita.

Lanjutnya, perjuangan di saat ini tidak lagi berupa perjuangan fisik melawan kaum penjajah, namun kita berjuang sesuai tugas dan tanggungjawab untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya di Maluku.

“Dengan demikian semangat proklamasi yang meliputi semangat rela berjuang dengan penuh idealisme dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan dengan menghargai keberagaman, serta mengesampingkan segala bentuk kepentingan diri sendiri maupun kepentingan kelompok, hendaknya memaknai seluruh tugas dan tanggungjawab kita,” tegasnya.

Berkaitan dengan Tema peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI tahun 2022 yakni, ”Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” menunjukan tekad, semangat dan komitmen kita bersama untuk menata kembali kehidupan Keindonesiaan berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang mempersatukan kita dalam menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Masih kata Gubernur, Pemda Provinsi Maluku hingga saat ini terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perwujudan visi pembangunan Provinsi Maluku tahun 2019 – 2024, yaitu Maluku yang terkelola secara jujur, bersih dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan, dan berdaulat atas gugusan kepulauan.

Sehubungan dengan itu, Gubernur juga menyampaikan beberapa pesan dan harapan.
Pertama, dirinya menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh ASN lingkup Pemda Provinsi Maluku yang selama ini telah melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik.

Kepada seluruh ASN, Gubernur berharap agar dapat bekerja secara profesional dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian, pengabdian dan loyalitas, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme, serta mengutamakan kepentingan umum diatas kepetingan individu dan golongan.

Kedua, ASN harap Gubernur, harus sungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta menunjukkan kepekaan dan berkomitmen terhadap upaya mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui program dan kegiatan yang pro rakyat, yang tentunya secara langsung akan membangun kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah Daerah Provinsi Maluku.

“Berbagai prestasi yang telah kita capai hendaknya tidak membuat kita terlena, tetapi terus memacu semangat seluruh aparatur sipil negara untuk terus berkarya lebih baik lagi,” imbaunya.

Keempat, saat ini kita telah memasuki tahun politik pesta demokrasi pemilihan umum tahun 2024.

“Saya berharap agar ASN untuk senantiasa mengembangkan wawasan dan kesadaran kebangsaan yang menjadi landasan dan pedoman dalam pembentukan sikap dan perilaku individu dan warga negara, serta mampu menjalankan peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” tegasnya.

Kelima, seiring dengan semakin membaiknya kondisi perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19, maka tema ”Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” tentunya akan menginspirasi kita semua untuk melakukan langkah-langkah konstruktif dan komprehensif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Maluku. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku