Connect with us

info

Gubernur Harap Forum OPD DKP Tingkatkan Ketahanan Pangan di Maluku

Published

on

AMBON- Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadali Ie, membuka pelaksanaan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Maluku Tahun 2023 di Ballroom lantai 8, Hotel Golden Palace, Senin, 20 Maret 2023.

Forum OPD ini merupakan forum koordinasi antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas program dan kegiatan permbangunan hasil Musrenbang dengan OPD, serta menyusun dan menyempurnakan Rencana Kerja OPD yang tata cara penyelenggaraannya di fasilitasi OPD terkait.

Salah satu kunci dalam proses OPD adalah musyawarah dalam merumuskan program dan kegiatan pembangunan di lingkungan OPD.

Penyelenggaraan forum ini bagi DKP Provinsi Maluku dimaksudkan antara lain sebagai arena sinkronisasi program dan kegiatan agar dalam pelaksanaannya kelak, saling keterkaitan dan menghindari terjadinya tumpang tindih kegiatan.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Sadali, mengatakan, perencanaan pembangunan haruslah berorientasi pada penyusunan perencanaan money follow program.
Orientasi penyusunan perencanaan ini didasarkan pada pemahaman bahwa dengan adanya keterbatasan pendanaan pembangunan, maka anggaran pemerintah harus dialokasi untuk berbagai pilihan kegiatan strategis yang dapat memaksimalkan hasil pembangunan di bidang pangan.

“Untuk itu, diharapkan lewat forum ini, kita dapat penyusunan perencanaan pembangunan yang benar-benar diarahkan untuk meningkatkan ketahanan pangan di Maluku agar permasalahan kemiskinan dapat diatasi,” harap Gubernur.

Menurutnya, pemerintah daerah dapat mengkoordinasikan, mensinkronisasikan serta mensinergikan langkah dan kebijakan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota serta keinginan masyarakat dalam mengimplementasikan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun ini, maupun dalam menyusun program dan kegiatan yang akan direncanakan di tahun depan, untuk meningkatkan ketahanan pangan di provinsi Maluku. Olehnya itu, dibutuhkan kerjasama antar stakeholder dari pusat, daerah sampai tingkat kabupaten/kota.

“Sekaligus dalam rangka menyamakan persepsi untuk memberikan kontribusi pemikiran yang faktual, serta pemantapan prioritas pembangunan daerah provinsi Maluku tahun 2024, khususnya percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, dengan sasaran meningkatnya ketahanan pangan daerah,” ujar Gubernur.

Ia menjelaskan, forum dengan sorotan tema “Sinergi Perencanaan Pembangunan Ketahanan Pangan untuk Peningkatan Ekonomi Maluku” mengarahkan untuk bekerja sama menghasilkan perencanaan pembangunan daerah yang optimal, khususnya pembangunan di bidang pangan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Sebab,pembangunan ketahanan pangan merupakan urusan wajib dalam rencana pembangunan jangka panjang daerah provinsi Maluku tahun 2019-2024

Gubernur menambahkan, dibawah visi Maluku yang terkelola secara jujur, bersih dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan. Untuk mencapai visi tersebut, maka pembangunan ketahanan pangan diarahkan pada misi ketiga yaitu pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat, dengan sasaran meningkatnya ketahanan pangan daerah agar permasalahan kemiskinan di Maluku dapat teratasi secara optimal.

“Atas nama pemerintah provinsi Maluku, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada peserta forum sebagai salah satu momen untuk berdiskusi dan saling berbagi pengetahuan, dan pengalaman tentang permasalahan daerah khususnya masalah kemiskinan,” tutup Gubernur. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU).

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku