Connect with us

headline

TP PKK MALUKU-BAZNAS SALURKAN BERAS ZAKAT FITRAH KEPADA PENGEMUDI OJOL

Published

on

AMBON- Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Maluku, membagikan Beras Zakat Fitrah kepada 50 pengemudi Ojek Online (Ojol) Maxim, Grab dan Gojek.

Sebanyak 3 ton beras (600 karung beras/per karung 5 kg) disalurkan secara simbolis oleh Ketua TP-PKK Maluku, Widya Pratiwi Murad, kepada 50 perwakilan pengemudi Ojol, di kediaman Gubernur, Wailela, Senin, (10 April 2023).

Selanjutnya, 550 karung beras lainnya, akan dibagikan kepada para Ojol di Gudang BAZNAS Provinsi Maluku.

Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad mengatakan, Zakat fitrah (Zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan pada Idul Fitri.

“Kegiatan ini merupakan salah bentuk perhatian dari TP-PKK Maluku dan BAZNAS Maluku. Jangan dilihat apa yang kami berikan, tapi tentunya niat kami memberikan sedikit apa yang bisa kami berikan,” kata Widya.

Selain untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan, lanjut Widya, Zakat Fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu,membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya yang dapat dirasakan semuanya termasuk masyarakat miskin yang serba kekurangan.

“Mudah-mudahan yang diberikan kali ini berupa beras bermanfaat untuk keluarga Ojol. Dan mudah-mudahan tidak hari ini saja kita melakukan kegiatan bersama, in syaa Allah kita dapat melakukan kegiatan-kegiatan berikutnya bersama ojol-ojol yang tentunya sangat saya banggakan,” ujar Widya.

Zakat fitrah wajib ditunaikan bagi setiap jiwa, dengan syarat beragama Islam, hidup pada saat bulan Ramadhan, dan memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idul Fitri.

“Salam untuk keluarga, sehat-sehat selalu. Tetap semangat menjalankan ibadah puasa, semoga mendapat hidayah, rahmat dan pahala dari Allah SWT,” tutup Widya.

Ditempat yang sama, Ketua BAZNAS Provinsi Maluku, Ustadz Arsal Tuasikal berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menginspirasi banyak orang dalam berbagi.

“Ini terbanyak yang pernah kita bagikan kepada pengemudi Ojol. Mudah-mudahan nanti bisa bermanfaat. Teknisnya adalah, pembagian disini sebanyak 50 karung beras dan sisanya diambil di Gudang BAZNAS di depan Makam Anak Cucu,” kata Arsal. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU).

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku