Connect with us

info

Wagub Orno Pimpin Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115

Published

on

AMBON- Pemerintah Provinsi Maluku menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-115, Senin (22/5/2023).

Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno memimpin upacara yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Maluku.

Upacara diikuti Wakil Ketua DPRD Maluku, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, unsur Forkopimda Maluku, para Asisten Setda, Staf Ahli Gubernur, para Kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Provinsi Maluku serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Maluku.

Tema “Semangat untuk Bangkit “pada peringatan Harkitnas yang ke-115 ini dipilih agar Harkitnas dapat menjadi momentum bagi kita sebagai bangsa yang besar untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkit pasacapandemi Covid 19.

“Kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi CoViD- 19. Selama tiga tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang dihadapi, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi CoViD-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa.

Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tahun ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi,” Ujar Wakil Gubernur Barnabas Nathaniel Orno saat membacakan naskah sambutan Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Mahfud MD.

Ia juga menyampaikan, perekonomian Indonesia yang terus mengalami peningkatan, dimana di tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31% (year-on-year/yoy), jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70% (yoy) dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan I tahun 2023 pun masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03% (yoy), menunjukkan performa yang lebih baik dari periode triwulan IV tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01% (yoy),” ungkapnya.

Tak hanya itu, dalam sambutannya, Menkoinfo juga mengungkapkan, kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia ditunjukkan melalui kiprah bangsa ini di berbagai forum internasional. Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 negara/entitas regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20.

“Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong semangat untuk bangkit di tingkat dunia dengan mengangkat tema ‘Recover Together, Recover Stronger’. Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi CoViD-19, sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045,” imbuhnya.

Untuk itu, peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya di maknai sebagai seremonial saja. Semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini,

Boedi Oetomo berdiri, tegas Menkoinfo untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu, serta untuk mengejar tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional. Pertama, memerdekakan cita-cita kemanusiaan, kedua, memajukan nusa dan bangsa, serta ketiga, mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

“Selamat memaknai dan memperingati hari Kebangkitan Nasional ke- 115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku