Connect with us

info

Sekda Buka PKA Angkatan VII Tahun 2023

Published

on

AMBON, – Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali Ie, membuka Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan VII Tahun 2023 bagi PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Buru Selatan, Kota Ternate, Kejaksaan RI Maluku, BKKBN Provinsi Maluku dan Balai Standarisasi & Pelayanan Jasa Industri Ambon, di Hall BPSDM Provinsi Maluku, Selasa, (13/6/2023).

Saat Sekda memukul tifa yang menandakan pelatihan dimaksud resmi dilaksanakan, ia didampingi Kepala BPSDM Maluku Hadi Sulaiman, Kepala BKPSDM Maluku Tengah dan Kepala BKPSDM Maluku Utara.

Sebanyak 40 peserta mengikuti pelatihan yang akan berlangsung selama 91 hari tersebut. Puluhan peserta itu terdiri dari
10 orang asal Kabupaten Malteng, Bursel 16 orang, Ternate 10 orang, Kejari Maluku 2 orang, BKKBN Provinsi Maluku 1 orang dan Balai Standarisasi & Pelayanan Jasa Industri 1 orang.

Saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Maluku, Murad Ismail, Sekda menyampaikan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan public dan kinerja, yaitu dengan mengembangkan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sebagai pejabat struktural, harus memiliki kompetensi manajerial yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan pemerintahan, peningkatan standar kinerja aparatur untuk mencapai standar yang tinggi dalam pelayanan publik,” katanya.

Menurutnya, pemerintah dewasa ini yang dilatarbelakangi oleh terus meningkatnya tuntunan dan ekspektasi publik terhadap persediaannya pelayanan publik yang prima, efisien dan terjangkau, maka ASN sebagai pelaku utamanya dituntut untuk mengaktualisasikan kinerja pelayanan semaksimal mungkin, baik pelayanan publik yang bersifat langsung maupun tidak langsung agar masyarakat tidak lagi merasakan kesenjangan atau ketimpangan antara kinerja yang diharapkan dengan kinerja nyata yang dihasilkan oleh pelayanan publik.

Menurutnya, penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan ini selain bertujuan untuk menghasilkan pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja untuk memenuhi standar kompetensi manajerial administrator, juga sebagai ajang untuk meningkatkan kompetensi dalam represtasi baik dari sikap maupun perilaku meliputi moral yang baik, dedikasi dan loyalitas terhadap tugas organisasi kemampuan menjaga reputasi diri dan instansinya, serta jasmani dan rohani yang sehat.

“Satu hal yang juga harus dimiliki pemimpin adalah komitmen untuk bersedia mendengarkan masukan serta kritikan, demi tercapainya tujuan yang diharapkan. Sebagai seorang pemimpin, hendaknya juga memiliki hati nurani serta berbudaya kerja yang tinggi sebagai upaya menciptakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa, dengan mengedepankan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik,” ujarnya.

Diakhir sambutan tertulisnya, Gubernur meminta seluruh peserta mengikuti proses PKA dengan sungguh-sungguh, untuk mematangkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual serta mampu menempatkan diri sebagai pelayan masyarakat, sehingga berkontribusi menyukseskan pemerintahan dalam mendukung program pembangunan di Provinsi Maluku.

Pembukaan PKA ini dihadiri para Widyaiswara lingkup BPSDM Provinsi Maluku, beserta unsur lainnya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU).

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku