Connect with us

News

SEKDA SADALI IE LEPAS KONTINGEN KORMI MALUKU MENUJU FORNAS VII DI BANDUNG

Published

on

AMBON- Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali Ie didampingi Ketua Umum KORMI Maluku, Widya Pratiwi Murad, secara resmi melepas kontingen Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Maluku menuju Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VII di Bandung, Provinsi Jawa Barat, Kamis (21/6/2023) di lantai VII Kantor Gubernur Maluku.

Pelepasan kontingen ditandai dengan penyerahan bendera KORMI oleh Sekda kepada perwakilan kontingen yang siap mengikuti FORNAS VII yang digelar di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, 2 – 9 Juli 2023 mendatang.

Kontingen KORMI Maluku berjumlah 240 orang.

Sekda yang saat itu menyampaikan sambutan Gubernur Maluku Murad Ismail memgucapkan selamat dan apresiasi kepada seluruh atlet/pegiat yang telah terpilih mewakili Provinsi Maluku untuk berjuang dalam FORNAS VII.

Gubernur berharap keikutsertaan kontingen KORMI Maluku dalam FORNAS tahun ini harus dimanfaatkan oleh kontingen untuk membangun ikatan persaudaraan dan kekeluargaan bersama para kontingen lainnya se-Indonesia, serta memperkenalkan Maluku dari aspek sosial, ekonomi, budaya dan pariwisata.

“Kita semua tentunya berharap kepada kontingen sebagai Duta Olahraga Rekreasi, agar dapat menjaga kekompakan dan senantiasa menjunjung tinggi sportivitas selama mengikuti festival,” kata Gubernur.

Kepada pengurus KORMI Maluku, Gubernur menghimbau, agar terus melakukan langkah strategis membangun sinergitas dengan seluruh pemangku kepentingan.

Ia berharap, keikutsertaan Maluku di ajang FORNAS tahun ini mendapat hasil terbaik yang nantinya akan mengharumkan nama daerah di kancah nasional.

“Saya pastikan, pemerintah daerah akan mendukung dan menaruh perhatian serius terhadap semua induk olahraga termasuk KORMI Provinsi Maluku,” tutup Gubernur.

Ditempat yang sama, Ketua Umum KORMI Maluku, Widya Pratiwi Murad mengatakan,
FORNAS sebagai bentuk pesta olahraga rakyat, pada umumnya adalah merupakan amanah dari UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, khususnya pasal 27 ayat 6 yaitu sebagai upaya menumbuhkembangkan sentra-sentra dan mengaktifkan perkumpulan olahraga dalam masyarakat, meningkatkan pariwisata olahraga dan menyelenggarakan festival olahraga masyarakat yang berjenjang, dan berkelanjutan pada tingkat daerah maupun nasional.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan FORNAS adalah untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, kecerdasan dan kualitas manusia, melestarikan dan meningkatkan kekayaan budaya daerah dan nasional, menanamkan nilai moral dan akhlak mulia, sportivitas, kompetitif dan disiplin, mempererat dan membina persatuan dan kesatuan bangsa, memperkukuh ketahanan nasional, mengangkat harkat martabat dan kehormatan bangsa, mempererat interaksi sosial yang kondusif, memperkukuh ketahanan nasional dan meningkatkan produktivitas ekonomi nasional.

“Para peserta lomba, saudara-saudara adalah orang-orang terpilih sebagai Duta Olahraga Masyarakat yang akan bertanding di tingkat nasional. Saya berpesan saudara-saudara sekalian benar-benar menjaga kondisi badan agar tetap sehat dan memiliki stamina yang prima,” pesan Widya.

FORNAS ke VII, kontingen KORMI Maluku akan berlaga di 13 Induk Olahraga (Inorga) dengan melibatkan 240 pegiat yang sebelumnya diikuti 107 peserta di tahun lalu.

Inorga tersebut antara lain,
Yayasan Jantung Sehat sebanyak 12 orang, Ikatan Langkah Dansa Indonesia sebanyak 14 orang, Universial Line Dance sebanyak 9 orang, Kebugaran Lansia Pria Lansia Indonesia sebanyak 31 orang, Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia sebanyak 10 orang, Senam Tera Indonesia sebanyak 23 orang, Perkumpulan Street Soccer Indonesia sebanyak 44 orang, Perkumpulan Sepak Bola Berjalan Seluruh Indonesia sebanyak 8 orang, Asosiasi Seni Tarung Tradisi Indonesia sebanyak 6 orang, Indonesia Taekwondo Fun sebanyak 39 orang, B-Boy Indo sebanyak 6 orang, Ikatan Senam Dance Mix Indonesia sebanyak 7 orang, dan Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia sebanyak 31 orang.(BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU).

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku