Connect with us

Daerah

WAGUB BUKA FORUM INFRASTRUKTUR WILAYAH MALUKU DAN PAPUA

Published

on

AMBON- Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Nathaniel Orno membuka secara resmi Forum Infrastruktur Wilayah Maluku dan Papua, Rabu (5/7/2023) di Hotel Santika Premiere, Ambon.

Hadir secara online pada kegiatan tersebut, Deputi Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas, Direktur Perencanaan Pengembangan Proyek Infrastruktur Prioritas Nasional Kementerian PPN/Bappenas, para pejabat lingkup Kementerian/Lembaga serta para narasumber.

Wagub yang menyampaikan sambutan Gubernur Maluku Murad Ismail dalam kesempatan itu, atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Maluku mengucapkan salam hangat dan selamat datang kepada Bapak Direktur Infrastruktur Strategis Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas RI, para narasumber, para pembahas serta peserta forum Infrastruktur Wilayah Maluku dan Papua.

Apresiasi dan penghargaan yang tinggi disampaikan kepada Kementerian PPN/Bappenas atas penyelenggaraan forum tersebut.

Wagub menilai, Forum Infrastruktur Wilayah Maluku-Papua ini memiliki makna yang strategis., dimana
Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan berbagai pemangku kepentingan pembangunan duduk bersama, berdiskusi, bertukar pendapat dan pengetahuan, yang tentu diharapkan akan melahirkan hal hal baru, solusi-solusi tepat dan komitmen tegas untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur dalam mendukung pengembangan komuditas unggulan daerah di wilayah Maluku-Papua guna menunjang transformasi ekononomi nasional kedepannya.

“Seperti yang kita ketahui, wilayah Maluku-Papua memiliki potensi luar biasa yang dapat memberikan kontribusi signifikan bagi kemajuan negara kita. Namun pembangunan inftastruktur di wilayah Maluku-Papua masih membutuhkan kerja keras dan perhatian yang serius,” ungkap Wagub.

Ia menyebutkan, tantangan geografis, jarak yang jauh, disparitas wilayah serta aksesibilitas dan konektivitas yang terbatas telah menjadi penghambat dalam memanfaatkan sepenuhnya potensi wilayah ini.

“Wilayah Maluku-Papua memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah (perikanan, pertanian, pariwisata serta energi dan sumber daya mineral) dan juga keragaman budaya dan warisan sejarah yang belum sepenuhnya dimanfaatkan.

Untuk itu, ketersediaan infrastruktur yang handal merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung pemanfaatan sumber daya dimaksud dan kegiatan ekonomi lainnya maupun pertumbuham dunia usaha ” jelas Wagub.

Kendati demikian, kata Wagub
dalam beberapa tahun tetakhir pemerintah pusat dan pemda terus mengupayakan percepatan pembangunan infrastruktur di wilayah ini. Namun masih terdapat banyak ruang untuk perbaikan dan peluang baru hang harus dijelajahi.

“Akhirnya saya berharap forum ini akan menjadi wahana kolaborasi yang produktif, dimana gagasan dan solusi inovatif sapat dihasilkan.

Mari kita tingkatkan sinergi antara pemerintah, sektor swasta dan pemangku kepentimgan pembangunan lainnya untuk mewujudkan masa depan yamg gemilang bagi wilayah Maluku dan Papua,’ tandas Wagub

(BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku