Connect with us

News

SEKDA MALUKU APRESIASI PT.GRAB-EMTEK, PERMUDAH PASAR UMKM MELALUI KOTA MAPAN

Published

on

AMBON- Grab Teknologi Indonesia (Grab Indonesia) dan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) menggelar Festival Kolaborasi Nyata untuk Masa Depan atau disingkat KOTA MAPAN, di Kota Ambon, Kamis (20/7/2023) yang dipusatkan di Gong Perdamaian, Kota Ambon, Provinsi Maluku.


Program KOTA MAPAN sendiri merupakan kontribusi nyata Grab, Emtek dan BukaLapak dengan mendukung penggerak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh penjuru Indonesia termasuk di Kota Ambon agar memiliki daya saing di era digital, khususnya di kota tingkat 2 atau pun tingkat 3.

Di setiap kota tersebut Grab, Emtek dan Bukalapak melakukan program seperti kemudahan akses pendaftaran sebagai Mitra Grab dan Bukalapak, memberikan benefit dan promosi pelanggan kepada pelaku UMKM, program akselerator training untuk pengembangan usaha pelaku UMKM, dan juga akan mengangkat kisah inspiratif pelaku UMKM terpilih untuk dapat menginspirasi pelaku usaha lainnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali Ie, dalam sambutannya saat menghadiri kegiatan tersebut, memberikan apresiasi kepada PT. Grab Indonesia dan PT. Emtek atas dukungannya terhadap program percepatan transformasi digitalisasi melalui KOTA MAPAN, sehingga dapat meningkatkan peluang ekonomi bagi para pelaku UMKM di Maluku.

“Saya berharap melalui program KOTA MAPAN Ambon ini, para pelaku UMKM yang telah bergabung dapat memperoleh peluang pendapatan baru, sekaligus memberikan manfaat bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi Maluku kedepan,” harap Sekda.

Ditempat yang sama, Director of Government Affairs & Strategic Collaborations Grab Indonesia, U’un Ainurofiq menjelaskan, digitalisasi UMKM merupakan sebuah perubahan kondisi UMKM yang sebelumnya memiliki sistem konvensional menjadi digital. Peralihan UMKM ke arah digital, diharapkan sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis dan operasional UMKM.

Dikatakan, program Kota MAPAN memberikan rangkaian kegiatan bagi pelaku UMKM, mulai dari adopsi platform digital di Grab dan Bukalapak untuk menjangkau lebih banyak konsumen, pelatihan, pemasaran/periklanan, pengelolaan keuangan dan kegiatan lainnya untuk menjaga keberlangsungan usaha pelaku UMKM.

“Jadi, KOTA MAPAN ini merupakan program tahunan yang diinisiasi Grab, bekerja sama dengan Emtek dan Bukalapak untuk meningkatkan pengembangan digitalisasi pelaku UMKM Indonesia, menyasar kota-kota di luar Jakarta yang memiliki potensi untuk terus tumbuh,”jelasnya.

Terkait kegiatan ini, dirinya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi Maluku. “Tentunya niat baik ini tidak bisa terlaksana tanpa dukungan dari Pak Sekda. Kami dari PT. Grab Indonesia memberikan apresiasi atas kehadiran dan dukungan bapak, semoga bersama-sama kita bisa mewujudkan pembangunan yang merata, tidak hanya di Jakarta tapi di seluruh provinsi di Indonesia, dan dengan digital kita makin bisa berdaya saing,” tandas Ainurofiq.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Meikyal Pontoh, Kadis Koperasi dan UMKM, Natsir Kilkoda, Kadis Perhubungan, Mohammad Malawat, mitra driver, Grabbers. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku