Connect with us

News

Sekda Buka Rapat Evaluasi Sensus Pertanian Tahun 2023

Published

on

AMBON- Sekretarias Daerah Provinsi Maluku, Ir. Sadai Ie, M.Si, IPU membuka dengan resmi Rapat Evaluasi Sensus Pertanian Tahun 2023 (ST 2023) Badan Pusat Statistik Kabupaten/Kota Se-Provinsi Maluku, yang berlangsung di Hotel Amaris, Kota Ambon, Senin (14/8/2023).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan tifa oleh Sekda Sadali Ie, Kepala BPS Provinsi Maluku Maritje Pattiwaelapia dan Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan, Tupa Tampubolon.

Hadir rapat evaluasi tersebut, pimpinan OPD terkait Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Kepala BPS Kabupaten/Kota se-Maluku.

Rapat Evaluasi bertemakan “Data Pertanian Terpadu Untuk Maluku Maju” turut menghadirkan pemateri dari Akademisi Universitas Pattimura, Sekretaris Dinas Perikanan Provinsi Maluku dan Kepala BPS Provinsi Maluku.

Gubernur Maluku, Murad Ismail dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Sadali Ie, menyambut baik dan mendukung penyelenggaraan rapat koordinasi daerah dan evaluasi pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 Provinsi Maluku di saat ini.

“Rapat evaluasi ini tentunya sangat penting dalam menghasilkan data yang berkualitas dalam upaya perencanaan pembangunan pertanian di Provinsi Maluku,” ungkap Sekda.

Menurutnya, BPS adalah lembaga yang sangat kompeten dalam pelaksanaan sensus maupun survei.

Sensus pertanian yang diselenggarakan pada hari ini, jelas Sekda, memiliki tujuan untuk memotret perubahan struktur pertanian Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir, menyediakan kerangka sampel untuk mengumpulkan data statistik pertanian yang lebih rinci, serta menyediakan data yang digunakan sebagai benchmark dalam rekonsiliasi statistik pertanian.

“Kegiatan ini memiliki misi besar yang berguna bagi negara indonesia, terutama Provinsi Maluku, yakni sebagai momentum perbaikan tata kelola basis data pertanian terintegrasi dengan basis data petani, untuk mendukung agenda besar reformasi penyaluran subsidi pupuk (perbaikan data targeting), peningkatan kualitas pengumpulan statistik pertanian, serta mendukung transformasi sistem pertanian dan pangan di Indonesia,”jelasnya.

Selain itu, sensus pertanian juga mengumpulkan data untuk memperkuat kebijakan pemerintah dalam merespons tekanan terhadap sistem pertanian dan pangan nasional.

Tak lupa, Gubernur memyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BPS Maluku yang telah banyak menghasilkan indikator makro yang bermanfaat untuk kepentingan perencanaan, monitoring dan evaluasi pembangunan di suatu wilayah serta menjawab isu-isu strategis terkini di sektor pertanian.

“Saya berharap kolaborasi dan sinergitas antar pemerintah daerah terutama OPD terkait dengan BPS agar terus terjalin dalam pelaksanaan tugas-tugas perstatistikan di Provinsi Maluku,”” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, BPS Provinsi Maluku juga menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Maluku yang telah mendukung pelaksanaan Sensus dan penghargaan kategori terbaik Progress Pelaksanaan Sensus kepada BPS Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kota Ambon (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku