Connect with us

News

Gubernur Murad Tutup Turnamen Free Fire Battle Ground Piala Gubernur, Extrada LA Berhasil Raih Juara

Published

on

AMBON- Gubernur Maluku, Irjen. Pol. (Purn) Murad Ismail menutup turnamen EsSports Free Fire Battle Ground Gubernur Maluku Cup Tahun 2023, di Gedung Islamic Center, Kamis, (24/8/2023).

Usai menutup turnamen, Gubernur menyerahkan Piala Bergilir kepada tim asal Baguala, Extrada LA, yang berhasil menjadi juara turnamen dengan raihan 124 poin di babak grand final, yang sebelumnya tampil impresif di tahap kualifikasi dan semifinal.

Selanjutnya, ada tim Beta Racer Of di urutan juara II setelah mengamankan 81 poin, sedangkan tim Seylga mengunci juara III dengan raihan 34 poin.

Di grand final, ada 12 tim finalis yang tampil. Belasan finalis itu antara lain JKT 48, Inoz Legend, Anak Kampong, GFC Gandong, Beta Racer Of, Extrada LA, Avix Mix Alpha, Seylga, Xo Prime, Saikyo Reborn, Valhalla dan 7 Stars Ryoshi.

Turnamen yang diselenggarakan dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan RI dan Provinsi Maluku ke-78 Tahun 2023 ini,
merupakan event pertama tingkat provinsi. Diikuti 312 peserta yang tergabung dalam 78 tim dari Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, SBB, SBT, Buru, Kota Tual, Maluku Tenggara dan Kabupaten Halmahera Barat (Provinsi Maluku Utara).

Gubernur Maluku, Irjen. Pol. (Purn) Murad Ismail mengatakan, turnamen ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas kompetisi EsSports di Maluku dari segi teknik maupun kemampuan lainnya, sehingga Maluku dapat memiliki atlet-atlet EsSports yang unggul menuju Maluku bisa.

Gubernur pun menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada para peserta yang telah menjunjung tinggi sportivitas saat bertanding, dan mengucapkan selamat kepada para juara.

“Yang belum memperoleh predikat juara, janganlah kecewa, teruslah berlatih jadikan sebagai motivasi untuk lebih berprestasi dinlain waktu,” kata Gubernur.

Kepada para pengurus EsSports di Maluku, Gubernur berharap untuk terus mengoptimalkan potensi SDM melalui berbagai inovasi, dengan melakukan turnamen- turnamen secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota dan provinsi, sebagai bekal para atlet untuk bertanding di level nasional hingga internasional.

Ditempat yang sama, Ketua Pangprov ESI Maluku, Brigjen TNI Anton Irianto Popang menyebut, turnamen Free Fire merupakan salah satu sarana pencarian atlet muda dan ajang try out atlet EsSports yang akan mewakili provinsi Maluku dalam PON Tahun 2024 di Sumatera Utara dan Aceh.

Hal yang menarik dari turnamen ini, lanjut Anton, adalah selain sebagai sarana silaturahmi dan kompetisi, juga telah disiapkan hadiah berupa uang pembinaan, piagam penghargaan bagi yang berprestasi dan piala bergilir Gubernur Maluku, yang akan dipertandingkan setiap tahunnya.

“Kedepan EsSports dapat menjadi olahraga yang dapat mendorong maraknya ekonomi kreatif dan pariwisata, melalui konsep sport dan promosi budaya Maluku, melalui pengembangan game lokal karya anak bangsa, sehingga generasi anak muda harus bisa melihat potensi ini,” ujar Anton.

Ia berharap, turnamen ini dapat menghasilkan atlet-atlet berbakat yang untuk mewakili provinsi Maluku di tingkat nasional dan internasional.

Penutupan turnamen dihadiri Sekda Provinsi Maluku, Sadali Ie, Ketua DWP Provinsi Maluku, Nita Sadali, Pj. Walikota Ambon, Boedewin Wattimena, sejumlah pimpinan OPD lingkup pemerintah provinsi Maluku, para pengurus EsSports Maluku dan lainnya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU).

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku