Connect with us

News

Ketua Dekranasda Maluku, Widya Pratiwi Murad Buka Expo SMK Tahun 2023

Published

on

AMBON- Ketua Dekranasda Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad, membuka penyelenggaraan Expo SMK Tahun 2023 dalam rangka HUT Provinsi Maluku ke-78 Tahun di Lapangan Merdeka, Kamis, (24/8/2023), yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku.

Expo ini diikuti SMK Muhammadiyah Ambon, SMK Negeri 6 Ambon, SMK Negeri 5 Ambon Sektor Prioritas Hospitality, SMK Negeri 4 Ambon, SMK Negeri 3 Ambon, SMK Negeri 2 Ambon, SMK Kesehatan Trimurti Ambon, SMK Al-Wathan & SMK Kes Fanyoswer, SMK Pertanian Pembangunan Provinsi Maluku, SMK Negeri 1 Ambon dan SMK PGRI Ambon.

Masing-masing SMK, menjajakan hasil kerajinan mereka di stand pameran untuk mempromosikan dan menjual produknya agar dikenal masyarakat luas.

Berdasarkan pantauan, Gubernur Maluku Murad Ismail, Ketua Dekranasda Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad, Sekda Provinsi Maluku, Sadali Ie dan sejumlah pimpinan OPD lingkup pemerintah provinsi Maluku, meluangkan waktu meninjau stand pameran.

Widya mengatakan, pasca pandemi covid-19, kondisi perekonomian provinsi Maluku telah kembali bangkit yang didukung oleh dunia industri dan usaha, yang tumbuh semakin kuat termasuk pelaku ekonomi kreatif, dan pendidikan vokasi semakin berkualitas. Ia pun memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, yang telah menyelenggarakan kegiatan Expo, hasil kerajinan siswa-siswi SMK se-Kota Ambon.

Hal ini, lanjut Widya, sejalan dengan Perpres Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi, yang bertujuan untuk mempersiapkan SDM yang kompeten, produktif dan berdaya saing untuk menyongsong Indonesia emas tahun 2045

“Atas dasar itulah, pemerintah provinsi Maluku berkomitmen untuk mendukung kegiatan-kegiatan yang dapat mempercepat peningkatan dan pengembangan produk serta promosi produk dari satuan pendidikan vokasi kita yakni SMK. Salah satunya adalah Expo produk SMK tahun 2023. Event ini merupakan pemeran produk ekspor hasil kerja siswa SMK dalam berbagai bidang keahlian, termasuk dalam mendukung ekonomi kreatif,” ujar Widya.

Widya berharap, produk-produk kreativitas siswa semakin dikenal masyarakat dan memberikan keyakinan kepada dunia industri dan dunia kerja akan terlenta dan kualitas siswa SMK, sekaligus menyediakan dan menyiapkan lapangan kerja ketika siswa SMK lulus nantinya. Ia optimis, event ini dapat meningkatkan kreativitas dan daya saing membangun jiwa kewirausahaan serta rasa percaya diri para siswa SMK.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dan berkolaborasi dalam menyelenggarakan event ini, khususnya panitia, guru, pembina, siswa dan kepala satuan pendidikan SMK di Kota Ambon dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku. Mudah-mudahan kerja keras kita berbuah manis yaitu acara ini nantinya dapat berjalan sukses dan lancar,” tutup Widya.

Event ini dihadiri Sekda Provinsi Maluku, Sadali Ie, Ketua DWP Provinsi Maluku, Nita Sadali, Pj. Walikota Ambon, Boedewin Wattimena, sejumlah pimpinan OPD lingkup pemerintah provinsi Maluku, para pengurus EsSports Maluku dan lainnya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU).

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku