Connect with us

Kesehatan

Duta Parenting Maluku Widya Pratiwi Murad Luncurkan Pojok Peduli TBC Dan Stunting Mandiri Kelurahan Nusaniwe

Published

on

AMBON-Duta Perangi Stunting (Parenting) Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad didampingi Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena meluncurkan Pojok Peduli Tuberculosis (TBC) dan Stunting Mandiri Kelurahan Nusaniwe, Kecamatan Nusaniwe, Jumat (25/08/2023), di Kawasan Amahusu Ambon.

Peluncuran Pojok peduli TBC dan Stunting Mandiri di Kota Ambon ini untuk ketiga kali, setelah sebelumnya Teluk Ambon dan Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau.

Dalam sambutannya, Duta Parenting Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad, menyampaikan, dengan adanya pojok peduli TBC dan Stunting Mandiri, masyarakat akan dengan mudah bisa memperoleh informasi, edukasi mengenai TBC dan Stunting dari petugas atau kader yang ditugaskan.

“Sesuai himbauan Presiden untuk menyiapkan Generasi Emas emas 2045, perlu penekanan angka stunting di seluruh Indonesia. Jadi target prevalensi untuk tingkat nasional harus 14 persen pada tahun 2024,” ucap Widya.

“Angka stunting di Kota Ambon sudah turun menjadi 21,1 persen. 
Hal itu merupakan upaya yang sangat luar biasa. Sementara prevalensi stunting di Maluku 26,1 persen, masih 6,1 persen untuk memenuhi target 20 persen di tahun 2024,” jelas Widya.

Oleh sebab itu, perlu upaya bersama, kolaborasi, sinergi, dan kerjasama semua pihak agar prevalensi stunting di 11 Kabupaten/Kota di Maluku bisa menurun.

Demikian pula dengan TBC, yang merupakan salah satu penyakit mematikan. Widya mengatakan, kedua hal ini perlu tindakan edukasi tentang kepada kader posyandu dan TP-PKK, untuk memenuhi target yang diharapkan.

“Masalah TBC tidak bisa dikerjakan oleh Kepala Balai Paru, Walikota Ambon, dan Duta Parenting secara sendiri-sendiri. Akan tetapi butuh kerjasama dan gotong royong untuk “Potong Pele Stunting” dan TBC di Kota Ambon.

“Kalau bukan sekarang, kapan lagi ? Kalau bukan kita siapa lagi ?” tegas Widya.

Ia juga menambahkan, program yang dilakukan saat ini merupakan salah satu upaya Gubernur Maluku dan Penjabat Walikota Ambon selaku pimpinan di daerah, atas dasar rasa cinta kasih kepada masyarakat, agar generasi ke depan terbebas dari TBC dan Stunting. (**)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku