Connect with us

News

Gubernur MI Buka Jambore/Temu Kader PKK Tingkat Provinsi Maluku

Published

on

AMBON- Gubernur Maluku, Murad Ismail, membuka pelaksanaan Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2023 di halaman Gedung Islamic Center, Kamis, (5/10/2023). Jambore akan berlangsung hingga esok hari.

Jambore PKK kali ini mengusung tema “Melalui Jambore Kader PKK Kita Tingkatkan Kemitraan untuk Menurunkan Angka Stunting di Provinsi Maluku”.

Peserta jambore kader PKK yang hadir dari 11 kabupaten/kota se-Maluku itu berjumlah 250 orang.

Gubernur yang juga sebagai Ketua Pembina TP-PKK Provinsi Maluku, menyebut penyelenggaraan Jambore selain meningkatkan wawasan dan pengetahuan, juga sebagai ajang silaturahmi dalam memupuk rasa persaudaraan dan persahabatan sesama anak negeri Maluku yang terikat pada semangat “Ale Rasa Beta Rasa. Potong di Kuku Rasa di Daging. Sagu Salempeng Dipata Dua”.

“Itulah slogan berharga yang mesti kita jaga dan pelihara, menjadi kekuatan budaya Maluku yang lestari,” kata Gubernur.

Menurutnya, para peserta akan ada dalam momen perjumpaan yang hangat dan kekerabatan. Kegiatan jambore ini akan diboboti dengan berbagai kegiatan positif yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya pelaksanaan 10 program pokok PKK di kalangan kader serta pokja-pokja didalamnya.

“Kepada seluruh kader PKK yang akan mengikuti jambore semoga akan terbangun semangat serta komitmen dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di bumi raja-raja ini,” tutup Gubernur.

Ditempat yang sama, Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad, menerangkan bila jambore kader PKK merupakan agenda rutin yang dilaksanakan satu kali selama satu periode kepemimpinan oleh TP-PKK Provinsi Maluku, yang di dalamnya terdapat beberapa kegiatan diantaranya paparan materi dari opd terkait, lomba penyuluhan, lomba B2SA dan forikan dan stand up comedy.

“Jambore kader PKK merupakan salah satu ajang untuk menambah wawasan, sharing pengetahuan dan pengalaman serta sebagai wadah untuk saling mengenali, menjalani persaudaraan dan persahabatan juga membangun kebersamaan antara kader PKK se-Provinsi Maluku demi meningkatkan kesejahteraan keluarga khususnya, dan masyarakat pada umumnya,” terang Widya.

Ia menilai, kader-kader PKK dari 11 kabupaten/kota di provinsi Maluku memiliki fungsi dan tugas masing-masing dengan karakter yang berbeda-beda, namun memiliki tujuan yang sama untuk mewujudkan tercapainya visi dan misi PKK.

“Tugas ini bukanlah ringan, bukan juga tugas individual namun merupakan tugas bersama dalam satu tim yang harus solid,” kata Widya.

Ia berharap, seluruh kader PKK selain membangun kerjasama antar kader, juga agar meningkatkan kualitas SDM karena pelaksanaan percepatan penguatan 10 program pokok PKK tidak terlepas dari aspek kualitas SDM kader PKK itu sendiri.

“Untuk itu, saya meminta agar seluruh jajaran TP-PKK tidak berjalan sendiri, namun bermitra secara sinergi dengan pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat serta komponen masyarakat lainnya, dalam upaya mengatasi berbagai masalah di tengah-tengah masyarakat,” harap Widya.

Sebagai informasi, dasar pelaksanaan kegiatan Jambore berdasarkan Perpres Nomor 99 tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, dan Permendagri RI Nomor 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Perpres Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Tujuan pelaksanaan Jambore, salah satunya adalah untuk memupuk kebersamaan, mempererat hubungan silaturahmi guna menambah wawasan pengetahuan,ketrampilan dan kreatifitas para kader PKK sebagai mitra pemerintah daerah yang menjadi motor penggerak program pemberdayan masyarakat, dalam rangka mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera secara merata di Provinsi Maluku, juga menjadi wahana yang positif bagi semua pihak dan juga para kader PKK se-Maluku, untuk saling
menyemangati atau mendorong
kemajuan dan perubahan bagi kabupaten/kota dalam berbagai kegiatan dan program pembangunan.

Untuk meningkatkan kapasitas kader PKK, peserta akan diberikan pembekalan diantaranya tentang materi kepribadian dan public speaking.

Turut hadir, Sekda Provinsi Maluku Sadali Ie, sejumlah pimpinan OPD lingkup pemerintah provinsi Maluku dan lainnya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku