Connect with us

News

RESMI DITUTUP, INI JUARA LOMBA MALUKU MAULID FESTIVAL

Published

on

AMBON- Ketua Majelis Taklim Nur Asiah Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad, menyerahkan hadiah kepada para juara Maluku Maulid Festival sebelum ditutup pelaksanaannya secara resmi oleh
Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali Ie, di pekarangan Masjid Raya Al-Fatah Ambon, Minggu, (15/10/2023). Festival ini dimulai sejak Jumat, 13 Oktober 2023 lalu.

Festival yang diselenggarakan Generasi Islam Maluku Inovatif Kreatif (GIMIK) dan Masjid Raya Al-Fatah Ambon itu, dalam rangka memeriahkan perayaan maulid dan melestarikan nilai-nilai kebudayaan Islam serta meningkatkan Ukhuwah Islamiah antar desa di Maluku.

Festival ini menyajikan beberapa perlombaan seperti hadrat (Diikuti peserta dari sejumlah desa), lomba bertutur (Diikuti peserta dari siswa-siswi sekolah), kompetisi mewarnai (Diikuti peserta tingkat anak-anak), ranking I kategori kompetensi pengetahuan Sirah Nabawiyah, talkshow dengan tema “Menjadi Produktif di Era Digital”, halal food dan UMKM (Diikuti peserta dari pelaku usaha).

Dalam esensi, pelaksanaan festival maulid bertujuan untuk mempererat hubungan keagamaan dan sosial dalam komunitas Islam, sambil merayakan kehidupan dan ajaran Nabi Muhammad SAW.

Turut hadir Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Maluku, Nita Sadali, Penjabat Walikota Ambon, Boedewin Wattimena dan Isteri, Imam Besar Masjid Raya Al-Fatah Ambon, H. R. R. Hassanusi.

Sekda mengatakan, mengadakan festival Islam dapat menjadi upaya yang efektif untuk mengembangkan nilai-nilai kebudayaan Islam di kalangan masyarakat Maluku, khususnya generasi muda.
Festival semacam ini tidak hanya mempromosikan nilai-nilai kebudayaan Islam, tetapi juga menciptakan suasana yang positif dan penuh inspirasi bagi generasi muda untuk lebih memahami dan mendalami ajaran Islam.

Sekda menilai, Festival Maulid yang merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW, dapat dijadikan aspirasi untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas anak-anak negeri. Juga dapat menjadi platform yang sangat efektif untuk menggugah inovasi dan kreativitas anak-anak, sambil memperkuat pemahaman mereka tentang nilai-nilai keagamaan Islam dan sejarah Nabi Muhammad SAW.

“Atas nama pemerintah provinsi Maluku saya menyampaikan apresiasi kepada GIMIK dan Masjid Raya Al-Fatah Ambon atas penyelenggaraan kegiatan ini, sebagai upaya mengembangkan nilai-nilai kebudayaan Islam di kalangan masyarakat Maluku khususnya generasi muda. Semoga dapat dijadikan sebagai aspirasi untuk meningkatkan Inovasi dan kreativitas anak-anak negeri,” kata Sekda.

Menurutnya, untuk mendidik dan membina generasi muda agar lebih mengenal, menghargai dan melestarikan seni dan budaya daerah, perlu kerja sama antara pemerintah daerah, sektor swasta dan seluruh komponen masyarakat.
Semua pihak harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pemahaman dan penghargaan terhadap seni dan budaya daerah, serta untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk berkembang dalam bidang seni dan budaya.

“Tugas dan peran kita ke depan baik pemerintah daerah, swasta maupun seluruh komponen masyarakat untuk mendidik dan membina generasi muda agar lebih mengenal seni dan budaya daerah, guna membentuk watak dan karakter generasi muda yang cerdas, beradab dan bermartabat,” ujar Sekda.

Ucapan selamat Sekda kepada para juara dalam ajang ini adalah ungkapan yang penuh semangat dan inspiratif. Pesan yang sama, Sekda sampaikan kepada peserta yang belum meraih prestasi, juga sangat positif karena mendorong mereka untuk terus berkembang. Dengan semangat seperti ini, lanjut Sekda, dapat memotivasi semua peserta untuk terus meningkatkan kemampuan dan kreativitas mereka, serta mencapai prestasi lebih baik di masa depan. Semangat untuk belajar dan tumbuh selalu penting dalam pengembangan diri.

“Kepada para juara dalam ajang ini saya ucapkan selamat dan kepada peserta yang belum meraih prestasi agar terus meningkatkan kemampuan dan kreativitasnya,” tutur Sekda.

Ucapan terima kasih dan penghargaan kepada panitia pelaksana dan semua pihak terlibat juga disampaikan Sekda. Sebab, mereka telah berkontribusi besar dalam keberhasilan penyelenggaraan acara ini. Pengakuan atas kerja keras dan dedikasi, kata Sekda, akan memotivasi mereka untuk terus memberikan yang terbaik di masa depan.

“Khusus kepada panitia pelaksana dan semua pihak terlibat, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas suksesnya penyelenggaraan event ini,” tutup Sekda.

Berikut daftar para juara event Maluku Maulid Festival :

LOMBA BERTUTUR
Juara 3 : Khairan Herman
Juara 2 : Musdalifa
Juara 1 : Nabila Safina

LOMBA MERWARNAI KATEGORI PAUD
Peserta Favorit : Adifa
Peserta Berbakat : Kirana Putri Ramadani

Juara 3 : Muhammad Hafiz Kaplale
Juara 2 : Fathia Konita
Juara 1 : Hilya Fakhrira Syamsyuar

LOMBA MEWARNAI KATEGORI SD
PESERTA FAVORIT :

  • Anggie Fiertga Maulien
  • Khayla Arbadia Picalouhata
  • Zahirah Rudin
  • Keisha Inara V.
  • Rania Zindy Maishara Batatam
  • Askaira

PESERTA BERBAKAT :

  • A’a Tifa Tuasikal
    LOMBA MEWARNAI TINGKAT SD :
    Juara 3 : Nabila Syifa Anindya
    Juara 2 : Tasya Norma Tjiat
    Juara 1 : Afifah N.A. Daeng Parany

LOMBA MEWARNAI KATEGORI TK/ Paud
Juara 3 : Muhammad Hafidz Kaplale
Juara 2 : Fathiya Qonita
Juara 1 : Hilyah Fakhirah Syamsuar
Favorit Adifa
Berbakat : Kirana Putri Ramadhani

RANGKING SATU
Juara 5 : Muhammad Eijaz Hisyam
Juara 4 : Aliyah Putry Zahrani
Juara 3 : M. Farhan Al Azmi Pelupessy
Juara 2 : Alifa Shabira
Juara 1 : Hanifa Zakiya Wabula

HADRAT
Piagam Penghargaan Diberikan Kepada :

  • Amantelu Community
  • Nurul Iman Bt. Merah Kapala Air
  • Al Hidayah Kalauli
  • A.Y Patty Berhijrah (Anak Jalanan)
  • Pemuda Al Muhtaddin Lortem
  • Lorpan Basombar
  • Sanggar Haharike
  • Remas Al Huda
  • Remas Nurul Hayat Kamp. Oihu
  • Remas Jabal Nur Dusun Karanjang
  • Pemuda Kamp. Oihu
  • Remaja Masjid Kapaha
  • Pemuda Waihaong
  • Hatukau Neg. Batumerah

BUSANA TERBAIK :

  • Al Hidayah Kalauli

(BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku