Connect with us

News

Sekda Lepas Kontingen Maluku Ikut Pesparani Katolik Nasional III di Jakarta

Published

on

AMBON- Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali Ie, melepas Kontingen Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Provinsi Maluku yang akan mengikuti Pesparani Katolik Nasional III Tahun 2023 di Jakarta, pada 28 Oktober hingga 1 November tahun ini.

Pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Provinsi Maluku dari Sekda kepada Ketua LP3KD Provinsi Maluku, Agus Arbol.

Pesparani Katolik Nasional III digelar setelah adanya kesepakatan secara kolektif kolegial berdasarkan hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Lembaga Pembinaan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN) di Hotel Borobudur, Jakarta yang dihadiri pengurus LP3KN, LP3KD se-Indonesia serta Bimas Katolik Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) dari seluruh provinsi di Indonesia.

Gubernur Maluku, Murad Ismail, dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali Ie mengatakan, pelaksanaan Pesparani Katolik memegang peranan penting dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan dalam komunitas Katolik. Selain itu, acara seperti ini juga dapat memberikan generasi muda kesempatan untuk merasakan semangat dalam melantunkan kidung puji-pujian, yang dapat memperkuat ikatan spiritual dan sosial mereka dalam iman Katolik.

“Saya rasa sangat penting karena selain sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepada Tuhan juga dapat meningkatkan dan mendorong semangat generasi muda dalam melantunkan kidung puji-pujian. Momen ini juga merupakan kesempatan bagi saudara-saudara untuk meningkatkan dan mengembangkan pemahaman dan pengalaman nilai-nilai yang terkandung di dalam kidung puji-pujian,” ujarnya.

Ia berharap, apa yang para kontingen pelajari selama latihan dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk mendukung pelaksanaan Pesparani Katolik nanti. Hal ini termasuk pemahaman tentang ajaran Katolik, kemampuan untuk meramaikan dan mendukung acara-acara keagamaan, serta semangat dalam melantunkan kidung puji-pujian. Dengan begitu, kontribusi peserta dapat memberikan dampak positif dalam pelaksanaan Pesparani Katolik tersebut.

“Saya yakin saudara-saudara tentu sudah mengikuti pembinaan dan latihan dengan baik saya berharap apa yang telah saudara peroleh selama latihan dapat digunakan dan dimanfaatkan pada pelaksanaan Pesparani nanti,” harap Gubernur.

Gubernur juga mengingatkan, untuk menjaga kesehatan dan mematuhi jadwal yang telah ditentukan oleh pembina sangat penting dalam menjalani latihan dan persiapan untuk Pesparani Katolik. Beristirahat yang cukup dan mengikuti panduan pembina akan membantu kontingen berkinerja maksimal, menjaga kesehatan tubuh serta pikiran selama persiapan dan pelaksanaan acara.

“Saudara harus menjaga kesehatan, selalu menyiapkan waktu untuk beristirahat, mengikuti jadwal yang telah ditentukan pembina. Berlombalah dengan semangat dan sportivitas serta tetaplah menjaga persatuan antara sesama peserta asal daerah Maluku maupun daerah lain,” kata Gubernur mengingatkan.

Pada kesempatan itu, mantan Dankor Brimob Polri ini pun menyampaikan teerima kasih, kepada para pelatih, pembina dan instansi terkait yang telah memberikan perhatian dan dukungan dalam pimpinan dan pengembangan. Pengakuan seperti ini penting dalam memotivasi mereka dan memperkuat hubungan yang positif dalam upaya mencapai tujuan Pesparani Katolik.

“Kepada para pelatih dan pembina maupun instansi terkait yang telah memberikan perhatian untuk pimpinan dan pengembangan, saya menyampaikan terima kasih,” pungkas Gubernur.

Ditempat yang sama, Ketua LP3KD Provinsi Maluku, Agus Arbol, menjelaskan peserta Kontingen Pesparani Provinsi Maluku yang akan berlomba di Jakarta merupakan hasil seleksi peserta yang dibagi kedalam tiga zona. Zona pertama meliputi Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah dan SBB dengan mata lomba Paduan Suara Anak, Paduan Suara Orang Muda Katolik (OMK) campuran dan Paduan Suara Gregorian Dewasa Pria.

Zona dua meliputi Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, dengan mata lomba Paduan Suara Gregorian Remaja dan Paduan Suara Dewasa Campuran, sedangkan zona tiga meliputi Kabupaten Kepulauan Tanimbar dengan mata lomba Paduan Suara Dewasa Wanita.

“Sementara seleksi mata lomba perorangan yang terdiri dari Menyanyi Mazmur kategori anak, remaja, OMK, Dewasa, Cerdas Cermat Rohani anak dan Remaja serta bertutur kitab suci telah dilaksanakan di Kota Ambon pada tanggal 13-14 Oktober 2023,” jelas Arbol.

Ia juga berujar, sesuai petunjuk teknis (Juknis) yang dikeluarkan Panitia Pesparani Nasional ke III Jakarta, kontingen Maluku ikut berpartisipasi dalam semua kategori lomba baik kelompok maupun perorangan dengan jumlah kontingen Maluku sebanyak 250 orang yang terdiri dari peserta dan official.
Sebelum mengikuti lomba Pesparani Nasional III di Jakarta, Kontingen Pesparani Provinsi Maluku yang menyandang status sebagai Juara Umum yang diperoleh pada saat Pesparani Nasional II di Kota Kupang, Provinsi NTT ini, sementara mengikuti pemusatan latihan sejak 16 Oktober 2023 di Wisma Gonzalo Karang Panjang, Ambon, didamping para pelatih.

“Selanjutnya kontingen ini akan berangkat ke Kota Kupang pada tanggal 26 Oktober 2023 dengan pimpinan Kontingen Ibu Widya Murad Ismail (mari kita beri aplaus meriah)/.
Kontingen Maluku rencana kembali ke Ambon nanti pada tanggal 2 November 2023,” ujar Arbol.

“Sebagai Pimpinan LP3KD Provinsi Maluku, saya patut meyampaikan penghargaan, aspresiasi dan terimakasih yang mendalam kepada Pemerintah daerah Provinsi Maluku dan semua Kabupaten/Kota, Bapak Gubernur Maluku, Bapak Sekda Maluku, Kepala Biro Kesra Maluku, para Bupati/Walikota serta DPRD setempat atas dukungan dan bantuan moril dan finansial yang telah diberikan dalam persiapan keberangkatan tim ke Jakarta,” tutup Arbol.

Kegiatan ini dihadiri Pj. Walikota Ambon, Boedewin Wattimena, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Maluku, Fibra Bremer, Kadis Pertanian, Ilham Tauda, Kadis LH, Roy Siauta, Kadis Pendidikan, Insun Sangadji, Kepala BKD, Halima Soamole, Kadis Ketahanan Pangan, Jais Ely dan lainnya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU).

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku