Connect with us

News

KUNJUNGI PT COMEXTRA MAJORA MAKASSAR, UPAYA GUBERNUR MI KEMBANGKAN JAMBU METE DI MALUKU

Published

on

MAKASSAR- Gubernur Maluku Murad Ismail mengunjungi PT. Comextra Majora, salah satu Perusahaan eksportir yang berkedudukan di Makassar, Rabu (25/10/2023). Kunjungan ini dalam rangka menindaklanjuti Maluku Baileo Exibition yang diselenggarakan di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2022 lalu.

Dalam kunjungannya, Gubernur didampigi Ketua Dekranasda Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad, Sekda Provinsi Maluku, Ir. Sadli Ie, M.Si, Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku, Hadi Basalamah dan Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku yang terkait.

Kunjungan Gubernur Maluku dan rombongan di PT. Comextra Majora ini merupakan kunjungan balasan, dimana sebelumnya pada tanggak 13 Juli 2023 laku, Direktur PT. Comextra Majora, Jimmy Wisan telah berkunjung ke Maluku.
Sebagaimana diketahui, kunjungan kerja ini difasilitasi oleh Ketua TGPP Maluku, Hadi Basalamah.

Gubernur Maluku, Murad Ismail pada kesempatan tersebut menyampaikan, Provinsi Maluku memiliki lahan yang potensial untuk dikembangkan komoditi Jambu Mete antara lain di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku Barat Daya, Buru, dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Oleh karena itu, Gubernur berharap, melalui kunjungan ini akan terbangun hubungan kemitraan antara Petani dengan PT. Comextra Majora sebagai salah satu industri pengolahan Jambu Mete terbesar di Indonesia.

Kesempatan itu juga, oleh Gubernur dengan meninjau prosesing pengolahan mete dari pengeringan biji, sortiran hingga prosesing produk akhir mete dalam berbagai bentuk produk.

Semnetara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Maluku, Widya Partiwi Murad yang hadir mendampingi Gubernur menyampaikan gagasannya untuk membangun kemitraan dengan PT. Comextra Majora untuk beberapa jenis industri pengolahan unggulan asal Maluku antara lain Pala, Gandaria, Kayu Putih dan Olahan Ikan Tuna.
Ia berharap, PT. Comextra Majora dapat menjadi mitra usaha pengembangan bagi industri di Maluku.

Salah satu hasil dari kunjungan Gubernur Maluku di PT. Comextra Majora adalah dalam waktu dekat PT. Comextra Majora akan mengirimkan bibit Jambu Mete untuk dikembangkan di Maluku.

Senada dengen keinginan Gubernur, Direktur PT. Comextra Majora, Jimmy Wisan mengatakan, pihaknya sangat tertarik untuk membantu para petani, setelah berkunjung ke Maluku beberapa waktu yang lalu. (**)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku