Connect with us

News

GUBERNUR MURAD SALURKAN RIBUAN PAKET SEMBAKO GRATIS JELANG NATAL DAN TAHUN BARU

Published

on

AMBON- Gubernur Maluku Murad Ismail menyalurkan sebanyak 1.765 paket sembako gratis kepada masyarakat pra sejahtera dalam menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Provinsi Maluku.

Penyaluran ribuan paket sembako ini dikemas dalam kegiatan Peduli Maluku, untuk Pengendalian Inflasi. Secara simbolis, paket sembako gratis ditandai dengan penyarahan paket oleh Gubernur kepada 2 orang tokoh agama dari Sinode GPM dan Keuskupan Amboina dan pelepasan mobil pengangkut, yang berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Maluku, Selasa (19/12/2023).

“Pada kesempatan ini, akan di bagikan secara gratis 1.765 paket sembako, sebagai wujud pengendalian inflasi di daerah,” ujar Gubernur dalam sambutan tertulisnya.

Dikatakan, kegiatan Peduli Kasih Maluku, merupakan bentuk komitmen dan kepedulian Pemerintah Provinsi Maluku, dalam rangka meringankan beban masyarakat, khususnya masyarakat pra sejahtera menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Program ini juga, kata Gubernur, dilaksanakan menyambut bulan ramadhan tahun 2022 lalu.

Dalam rangka pengendalian inflasi, Pemerintah Provinsi Maluku juga menggelar Gerakan Pangan Murah di 30 titik, pada Kab Buru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, dan Maluku Tengah serta Kota Ambon, yang telah dimulai dari bulan Oktober 2023, sampai dengan 27 Desember 2023.

“Atas nama Gubernur Maluku, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak, perbankan, BUMN, perangkat daerah Pemerintah Provinsi Maluku, distributor, stakeholder dan pelaku usaha lainnya, yang telah berpartisipasi, dalam bentuk paket sembako talih kasih ini,” pungkas Gubernur.

Hadir juga pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Maluku Barnabas N. Orno, Sekretaris Daerah Maluku, Staf Ahli Gubernur, Asisten Sekda dan Pimpinan OPD Lingkup Pemprov Maluku, Ketua TGPP Prov. Maluku, Pimpinan instansi vertikal, BUMN, BUMD, Perbankan, Pimpinan Perusahaan Swasta lainnya serta tokoh agama.

INFLASI TURUN
PADA kesempatan itui, Gubernur juga menyampaikan, inflasi tahunan Maluku year on year (yoy) pada November 2023 sebesar 2,69%, lebih rendah dari inflasi Oktober 2023, yang mencapai 3,62%.
“Turunnya angka inflasi ini, sebagai upaya dari semua pihak, melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Maluku, dengan terus melaksanakan gelar pangan murah, dan paket sembako murah secara mobile, sebagai langkah dalam melaksanakan Strategi 4K, yakni :

  1. ketersediaan barang kebutuhan pokok, dalam keadaan aman dan cukup, sampai tiga bulan kedepan;
  2. keterjangkauan harga barang kebutuhan pokok, terutama bagi masyarakat yang akan merayakan natal dan tahun baru;
  3. kelancaran distribusi, dengan menyediakan lintas armada angkutan darat, laut dan udara, terutama angkutan peti kemas; dan
  4. komunikasi efektif, dengan seluruh stakeholder, termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, serta insan pers, untuk senantiasa membangun ekspektasi yang positif menjelang hari-hari besar keagamaan nasional tahun 2023 dan tahun baru 2024.(BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku