Connect with us

News

Wagub Dan Sekda Ikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan Martha Christina Tijahahu ke-206

Published

on

AMBON- Wakil Gubernur Maluku Barnabas N. Orno dan Sekretaris Daerah Maluku, Sadali Ie mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan Martha Christina Tijahahu ke-206 tahun, Selasa (2/1/2024), di Monumen Martha Christina Tijahahu – Karang Panjang, Ambon.

Peringatan ke-206 pahlawan asal Maluku Martha Christina Tijahahu berjalan khidmat dan turut diikuti, Forkopimda Maluku, diantaranya, Kapolda Maluku, Irjen. Pol. Lotharian Latif, Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, Pimpinan Lembaga Vertikal, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Pejabat TNI Polri, ahli waris pahlawan Nasional Martha Christina Tijahahu, pimpinan umat beragama, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan tokoh masyarakat.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI. Syafrial.

Pangdam Mayjen TNI Syafrial yang pada kesempatan itu menyampaikan sambutan Gubernur Maluku, Murad Ismail mengatakan, moment peringatan pahlawan nasional, Martha Christina Tijahahu ini, mewariskan 2 pelajaran, yang sangat berharga, bagi generasi muda Maluku masa kini.

Pertama, bahwa usia muda, bukanlah waktu untuk dinikmati dengan hidup berfoya-foya, dan bersikap hedonis, tetapi merupakan usia emas, untuk menunjukkan peran, prestasi, dan eksistensi diri, yang berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Dikatakan, Pemerintah Provinsi Maluku, bertekad untuk terus membentuk generasi muda Maluku, menjadi generasi yang cerdas intelektual, spiritual, emosional dan pejuang serta terlibat dalam proses pembangunan di bumi raja-raja ini.

Kedua, yakni, keteladanan seorang Christina Martha Tijahahu juga, menunjukkan bahwa, perempuan Maluku tidak bisa dipandang remeh.

“Tetapi perempuan Maluku, baik sebagai individu, dan warga negara, maupun sebagai sumber insan pembangunan, mempunyai hak dan kewajiban, serta kesempatan yang sama, dengan kaum pria, di berbagai bidang kehidupan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Pangdam yang menyampaikan sambutan Gubernur mengucapkan terimakasih, kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan ini, khususnya kepada ahli waris, pahlawan nasional, Martha Christina Tijahahu, sehingga dapat berjalan lancar dan sukses.

DANLANTAMAL PIMPIN UPACARA TABUR BUNGA

Pada peringatan Hari Pahlawan Nasional Martha Christina Tiahahu juga di laksanakan Upacara Pelepasan Karangan Bunga dan Tabur Bunga ke Laut yang berlangsung di Dermaga Lantamalal IX Ambon.

Upacara Tabur Bunga di Pimpin Komandan Lantamal IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina.

Upacara diikuti Wakapolda Maluku, Kepala Basarnas, Kepala Bakamla, Sekretaris Kota Ambon, petinggi TNI/Polri, sejumlah pimpinan OPD Lingkup Pemprov Maluku.
(BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku