Connect with us

News

GUBERNUR MURAD ISMAIL IRUP HARI AMAL BAKTI KE-78 KEMENAG RI

Published

on

TULEHU- Gubernur Maluku Murad Ismail bertindak selaku Inspektur Apel Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-78 Tahun Kementerian Agama Republik Indonesia Tingkat Provinsi Maluku, di Lapangan Upacara MAN Negeri I Maluku Tengah Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (3/1/2024).  

Membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur Murad Ismail mengatakan, setiap tahun baru, setiap insan Kementerian Agama memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama yang jatuh pada tanggal 3 Januari, yang harus diwujudkan dalam bentuk amal bakti yang semakin mendalam dan paripurna.

“Hari Amal Bakti tentu tidak semata sebuah nama, tetapi di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kita kepada seluruh umat beragama,” kata Menag.

Sebagai institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan, sebut Menag, tugas Kementerian Agama tidaklah ringan. Di antara tugas berat itu adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional.

“Tugas berat ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama. Selain itu, kita juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama,”jelas Menag.

Ia menambahkan, melalui berbagai program reguler dan tujuh program prioritas, Kementerian Agama terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan. Diantaranya penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, kemandirian pesantren, cyber islamic University, dan religiousity Index. Tema HAB tahun ini adalah Tahun kerukunan Umat Beragama yang merupakan ikhtiar dalam memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat.

“Dan hasilnya sudah mulai terlihat. Moderasi Beragama sudah menjadi napas dalam setiap derap langkah insan beragama. Transformasi Digital terlaksana di seluruh satuan kerja Kementerian Agama dan lembaga-pendidikan keagamaan. KUA sudah bertransformasi menjadi semakin baik dalam memberikan layanan. Pesantren-pesantren mulai menapaki fase kemandirian dalam amal usaha dan ekonomi. Cyber University sudah on the track. Kerukunan umat beragama pun semakin meningkat,” ungkapnya.

Kendati demikian, atas apa yang telah dicapai selama ini, Menag Yaqut Cholil meminta seluruh insan Kementerian Agama untuk tidak berpuas diri.

“Masih banyak yang harus dibenahi dalam rangka perbaikan program mendatang. Harus selalu mengevaluasi diri karena tugas belum selesai. Momentum pergantian tahun dan peringatan HAB ke- 78 Kementerian Agama adalah saat yang tepat untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik. Pada peringatan Hari Amal Bakti ke-78 ini, saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan kita mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama,”tandasnya.

Usai pelaksanaan apel, Gubernur berkesempatan meninjau kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan Kementerian Agama Provinsi Maluku sebagai bagian dari rangkaian HAB ke-78 Tahun 2024.  

Turut hadir dalam pelaksanaan Apel, Sekretaris Daerah Maluku ,Sadali Ie, Kakanwil Depag Provinsi Maluku, H. Yamin, perwakilan unsur Forkopimda, Para pejabat eselon III, IV, fungsional serta pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku