Connect with us

info

STAF AHLI GUBERNUR FIBRA BREEMER BUKA BIMTEK SIPD PENATAUSAHAAN DAN PELAPORAN TAHUN 2024

Published

on

AMBON- Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Fibra Breemer membuka dengan resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaksanaan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) untuk Penatausahaan dan Pelaporan Tahun 2024”, yang berlangsung di Hotel Swisbell Ambon, Senin (29/4/2024).

Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie dalam sambutannta yang disampaikan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Fibra Breemer, menyambut baik acara bimbingan teknis ini, untuk mewujudkan aparatur yang handal, profesional dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sesuai bidangnya.

Ia mengatakan, SIPD merupakan pengelolaan informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah, dan informasi pemerintahan daerah lainnya yang saling terhubung untuk dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pembangunan daerah.

Berdasarkan Permendagri Nomor 70 tahun 2019 tentang SIPD dalam pasal 17 disebutkan bahwa dalam informasi keuangan daerah terdiri dari informasi perencanaan anggaran daerah, informasi pelaksanaan dan penatausahaan keuangan daerah, informasi akutansi dan pelaporan informasi barang milik daerah dan informasi keuangan daerah lainnya serta PP Nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Permendagri No. 77 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah, maka bagi pejabat penatausahaan keuangan di masing-masing SKPD di lingkup pemerintah daerah diharapkan agar tetap berpegang pada peraturan dan mekanisme yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan dimaksud.

“Dalam menjalankan roda pemerintahan, semua yang dikerjakan oleh pemerintah daerah harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat melalui mekanisme yang telah diatur. Dan salah satu pertanggungjawaban yang harus disusun oleh pemerintah daerah adalah laporan keuangan daerah yang dalam periode tertentu harus disusun dan dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Penjabat Gubernur berharap, Bimntek yang digelar ini dapat membantu pengembangan dan peningkatan pola pikir aparatur pemerintah daerah Maluku menjadi terarah, memiliki wawasan luas, handal dan profesional dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, terutama sebagai pengelola keuangan daerah.

“Saya berharap bimtek ini, dapat memberi nilai tambah dalam peningkatan kemampuan dan ketrampilan bagi aparatur khususnya yang menangani pengelolaan keuangan daerah yang ada pada skpd lingkungan pemerintah daerah,”harapnya.

Ia juga berharap, kesempatan ini, dapat dipergunakan oleh peserta Bimtek sebaik-baiknya dalam menggali ilmu dan saling bertukar informasi dalam upaya peningkatan kemampuan peserta bimtek dalam penatausahaan keuangan daerah.

“Khususnya kepada para narasumber, saya juga berharap dapat memberikan informasi dan masukan, agar nantinya dapat dikembangkan serta diterapkan sistem yang tepat di provinsi Maluku, sehingga dapat diaplikasikan oleh para peserta untuk pelaksanaan tugas dan fungsi kesehariannya di instansi masing-masing,”tandasnya (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku