Connect with us

News

PEMPROV MALUKU DUKUNG PENGEMBANGAN EKONOMI DAN KEUANGAN SYARIAH DI MALUKU

Published

on

AMBON- Sebagai upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku kembali menyelenggarakan Sharia Local Economic Festival (Salam Fest) 2024, dengan mengusung tema “Sinergi Memperkuat Ekonomi dan Keuangan Syariah Untuk Pertumbuhan Ekonomi Maluku yang Inklusif.

Kegiatan tersebut dibuka resmi oleh Plh Asisten Administrasi Umum Sekda Maluku, Ismail Usemahu didampingi Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku, Rawindra Ardiansah, di Pattimura Park, Jumat (3/5/2024).

Turut hadir dalam pembukaan Salam Fest 2024, diantaranya Pj. Ketua TP PKK Provinsi Maluku, Ny. Nita Sadali.

Pj. Gubernur Maluku dalam sambutannya yang disampaikan Plh. Asisten Administrasi Umum Sekda Maluku, Ismail Usemahu menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Salam Fest dalam rangka mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di Maluku.

Pemerintah Provinsi Maluku, mendukung penuh berbagai program yang dilakukan BI Maluku untuk mendorong mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah, antara lain melalui program kemandirian ekonomi pesantren, program percepatan sertifikasi halal center edukasi untuk peningkatan literasi ekonomi syariah kepada pesantren pengembangan Indonesia serta penguatan halal center, edukasi untuk meningkatkan literasi ekonomi syariah kepada pesantren, pengembangan UMKM fesyen muslim, termasuk program UMKM terpilih kurasi Ikra (INdustri Kreatif Syariah Indonesia).

“Dari sektor riil, Pemerintah Provinsi akan terus mendukung UMKM untuk mampu memproduksi komoditas unggulan syariah berbasis ekspor dan mendukung rantai pasok halal global.

Sedangkan dari sektor pariwisata, kami turut mendorong pengembangan pariwisata ramah muslim. Kami juga akan meningkatkan promosi beberapa destinasi wisata prioritas agar gaung keindahan Maluku dapat tersebar ke seluruh Nusantara bahkan dunia,’’ “ujarnya.

Pemerintah Provinsi Maluku juga akan membantu memberikan dorongan dukungan agar perbankan syariah di Maluku terus berkembang guna mendorong ekonomi dan keuangan syariah sebagai arus utama kebijakan nasional.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku, Rawindra Ardiansah menyampaikan, kegiatan ini sekaligus merupakan bagian dari Road to Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional kawasan Timur Indonesia (KTI) yang diselenggarakan oleh seluruh Kantor Perwakilan BI di kawasan timur.

Rangkaian kegiatan Salam Fest 2024, jelas Rawindra menandakan implementasi berbagai program BI Maluku dalam pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah mencakup Kick Off program pengembangan halal center, selebrasi UMKM terpilih dalam kurasi industri kreatif Syariah Indonesia (IKRA), business matching pembiayaan syariah, program ketahanan pangan pesantren, penyaluran PSBI program ramadhan, serta tabligh akbar.

“Kegiatan ini diisi dengan kegiatan seminar, perlombaan serta expo dan showcasing produk layanan keuangan Syariah dan UMKM dan ditutup dengan penampilan music,” ungkapnya.

Ia berharap, rangkaian kegiatan ini dapat semakin mendorong literasi masyarakat serta meningkatkan kapasitas produk dan pelaku usaha syariah untuk pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah yang sejalan dengan prinsip prinsip Syariah dengan nilai nilai lokal kedaerahan yang ada di Maluku.

“Dengan sinergi melalui koordinasi dan kolaborasi yang baik antara BI dengan pemerintah daerah, kami yakin pelaku industri keuangan, pelaku usaha, dan seluruh lapisan masyarakat kita dapat mewujudkan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah yang membawa kebaikan untuk semua,”tandas Rawindra.

(BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku