Connect with us

info

DIBUKA IBU IRIANA JOKOWI, PJ. KETUA TP PKK MALUKU NITA SADALI HADIRI HUT KE-44 DEKRANAS DI KOTA SOLO

Published

on

SOLO- Pj. Ketua TP-PKK Provinsi Maluku Nita Sadali, menghadiri HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), di Hotel Alila Solo, pada Rabu,15 Mei 2024, pukul 09.29 WIB.

Kehadiran Ibu Nita ditemani sejumlah kader TP-PKK Maluku.

Upacara pembukaan HUT Dekranas tahun ini dibuka pelaksanaannya oleh Ibu Negera, Iriana Jokowi, yang ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada pengurus Dekranas Pusat.

Jalannya HUT Dekranas dipandu Raffi Ahmad dan Ayu Dewi, diikuti peserta berjumlah sekitar 1.500 orang yang merupakan kader TP-PKK se-Indonesia.

Ketua Dekranas Kota Solo sekaligus istri Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda dan ibu-ibu dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE Kabinet Indonesia Maju) serta pengurus Dekranas dan Dekranasda seluruh Indonesia, juga turut hadir.

Iriana saat memberikan sambutan, menyapa para peserta dengan sapaan yang menunjukkan keramahan dan penghormatan terhadap budaya lokal. Sapaannya itu, diawali dengan salam dan menanyakan kabar serta kesehatan, yang merupakan tanda perhatian seperti kata “Alhamdulillah”.

Ibu negara juga menyampaikan rasa syukur atau jawaban positif atas keadaan baik seperti kata “pangling” yang berarti terkejut atau kagum. Hal ini setelah Iriana terkesan dengan penampilan ibu-ibu peserta yang memakai kain tradisional dari berbagai daerah.

“Apa kabar? Sehat? Alhamdulillah. Saya pangling, karena ibu-ibu semua yang ada di sini memakai kain masing-masing daerah,” kata Ibu Negara.

Ketum Dekranas yang juga isteri Wakil Presiden, Wuri Ma’aruf Amin mengatakan Dekranas telah menjadi tonggak pengembangan kerajinan dan produk kekayaan Indonesia selama 44 tahun terakhir untuk bisa dilirik di mata internasional. Ia lalu meminta pelaku usaha untuk terus menjaga kualitas produk, dan terus memperluas jaringan pemasaran.

“Namun perjalanan ini bukan berarti tanpa hambatan. Hari ini kita menghadapi berbagai dinamika yang menuntut kita untuk terus berinovasi, berkolaborasi, dan beradaptasi dengan kondisi ekonomi global yang sedang berlangsung yang menjadi ujian bagi kita semua. Tetapi juga merupakan peluang dengan kreativitas dan keuletan,” kata Wuri.

Ditempat yang sama, Ketua Dekrnanas Provinsi Jawa Tengah, Shinta Nana Sudjana, selaku tuan rumah berharap, para perajin makin termotivasi mengembangkan wastra dan kriya nusantara yang berdaya saing, untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian para perajin.

“Terima kasih atas terpilihnya Jawa Tengah, dan hal ini Kota Solo sebagai tuan rumah kegiatan berskala nasional. Ini perhatian sekaligus apresiasi Dekranas terhadap kemajuan potensi kerajinan,” kata Shinta.

Kemudian, Ketua Panitia Dekranas Expo 2024, Loemongga Agus Gumiwang mengatakan rangkaian HUT Dekranas diawali pada Mei lalu dengan pelaksanaan pelatihan pendampingan dan workshop, serta bazar sembako murah.

“Puncak peringatan dimulai hari ini, yang dimulai di Ballroom hotel Alila Solo, yang dihadiri sekitar 1.500 tamu undangan. Dilanjutkan dengan parade mobil hias, dan kirab budaya Dekarnas 2024. Dengan rute dari Stadion Sriwedari sampai Pura Mangkunegaran,” ucap Loemongga.

Dia menjelaskan, mulai hari ini hingga empat hari ke depan, ada Expo di Pura Mangkunegaran yang diikuti 257 stand kerajinan kebanggaan Indonesia, stand kuliner nusantara, dan layanan konsultasi pembinaan bagi para perajin, serta panggung hiburan musik yang diisi artis ternama.

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku