Connect with us

News

PJ. KETUA TP PKK MALUKU NITA SADALI IE LANTIK TIGA PJ. KETUA TP PKK DI MALUKU

Published

on

AMBON, – Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK/Pj sekaligus Ketua Pembina Posyandu Provinsi Maluku, Nita Sadali Ie, resmi melantik Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Buru, Marhamah Baharessa Hidayat, Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten SBB Anita Lating Ely dan Pj. Ketua TP-PKK Kota Ambon Maryos Dessy Kaya, di lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Rabu malam, 29 Mei 2024.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Penjabat Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Nomor : 01/KEP/PKK.PROVMAL/V/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Ketua TP-PKK pada 2 Kabupaten dan 1 Kota.

Pelaksanaan pelantikan ini juga dirangkai dengan dikukuhkannya Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Buru, SBB dan Kota Ambon yang baru dilantik sebagai Ketua Pembina Posyandu di daerahnya masing-masing oleh Ny. Nita Sadali Ie, berdasarkan Keputusan Penjabat Ketua Pembina Posyandu Provinsi Maluku, Nomor : 02/KEP/POSYANDU/V/2024.

Dalam sambutannya, Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie, memberikan apresiasi atas terlaksananya acara pelantikan karena mengoptimalkan tugas dan tanggung jawab organisasi. Di lain sisi, mantan Sekda Maluku itu juga menyebut, PKK memiliki peran penting dalam pergerakan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan perempuan. Sama halnya dengan Posyandu yang pelayanannya sangat diperlukan untuk meningkatkan upaya promotiv dan preventif kepada masyarakat, utamanya mengenai upaya peningkatan status gizi masyarakat serta peningkatan kesehatan ibu dan anak.

“Saya optimis dengan langkah beriringan antara organisasi masyarakat, pemerintah serta berbagi elemen masyarakat, maka akan tercipta masyarakat yang berdaya saing,maju dan sejahtera,” sebutnya.

Pj. Gubernur juga menginginkan, TP-PKK maupun Posyandu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, moral dan lingkungan hidup dengan menyukseskan implementasi sepuluh program pokok PKK dan maksimalkan pemberdayaan keluarga hingga ketingkat dasa wisma.

“Saya meminta agar penjabat ketua beserta seluruh jajaran PKK segera mengambil langkah -langkah terencana, visioner, inovatif dan inklusif,” pintanya.

Mengakhiri sambutannya, Pj. Gubernur berharap Ketua PKK dapat menginspirasi dan memotivasi anggota serta masyarakat luas untuk terlibat aktif dalam program -program PKK dan ikut serta dalam membangun keluarga yang sejahtera.

“Saya berharap, para ketua dan pengurus PKK dapat terus melakukan terobosan inovatif yang mampu menumbahkan spirit baru sehingga PKK Provinsi Maluku kabupaten/kota menjadi organisasi yang makin dewasa, dan mampu melihat jauh kedepan serta terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya anggota PKK dan masyarakat di daerah ini,” harapnya.

Ditempat yang sama, Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK/Pj. Ketua Pembina Posyandu Provinsi Maluku, Ny. Nita Sadali Ie, menerangkan, PKK dan Posyandu merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan desa sesuai Peraturan Mendagri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat yang mempunyai peranan penting sebagai mitra pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga dan derajat kesehatan masyarakat.

“Saya menaruh harapan besar, kiranya ibu-ibu dapat mengembangkan 10 program pokok PKK dan Posyandu di daerah masing-masing agar sejalan dengan program pemerintah,” harapnya.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Maluku periode 2019-2024 menegaskan, ketiga Pj. Ketua TP-PKK yang baru dilantik itu, melakukan peran strategis meskipun memiliki masa bakti yang cukup singkat (Setahun).

Program PKK dan pelayanan Posyandu, lanjut Pj. Ketua TP-PKK Maluku, harus terencana, visioner, inovatif dan inklusif dalam melaksanakan program prioritas pemerintah daerah seperti upaya penurunan angka stunting, pelayanan sosial dasar (Kesehatan dan pendidikan) serta peningkatan ekonomi keluarga, juga berperan aktif dalam kegiatan PKK dan Posyandu dalam membangun keluarga sehat, cerdas, berdaya, beriman, bertakwa dan sejahtera menuju Indonesia maju.

“Akhirnya atas nama pribadi, keluarga dan TP-PKK Provinsi Maluku serta anggota, menyampaikan selamat kepada Pj. Bupati Kabupaten Buru, SBB dan Pj. Walikota Ambon. Kami berharap bapak-bapak dapat memberikan dukungan dan berpartisipasi dalam pelaksanaan gerakan PKK dan Posyandu di wilayah masing-masing,” ucapnya.

Pk. Ketua TP PKK Maluku juga mengucapkan selamat atas penghargaan yamg diterima Ibu Widya Pfatiwi Murad atas dedikasi dan kerja ikhlas selama menjabat sebagai Ketua TP PKK Provinsi Maluku periode 2019-2024.

“Atas nama TP-PKK Provinsi Maluku, kami mengucapkan selamat kepada ibu Widya Pratiwi Murad atas penghargaan yang diberikan PKK Pusat berkat dedikasi dan kerja ikhlas sepenuh hati selama menjadi Ketua TP-PKK Provinsi Maluku,”tandasnya.

Kegiatan pelantikan dihadiri Pelaksana Harian Sekda Maluku, Suryadi Sabirin, Pj. Bupati Kabupaten Buru/SBB, Pj. Bupati Kota Ambon, sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Buru, SBB/Kota Ambon, para kader TP-PKK Provinsi Maluku/Kabupaten SBB/Buru/Kota Ambon dan undangan lainnya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku