Connect with us

Kesehatan

Intervensi Pencegahan Stunting, Pj. Ketua TP PKK Maluku Nita Sadali Kunjungi Posyandu Di Kota Ambon

Published

on

AMBON – Penjabat Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Nita Sadali Ie, melakukan kunjungan ke Posyandu Baby Tuna Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon dan Posyandu Berkah Negeri Batu Merah, Kamis (13/6/2024).

Kunjungan ini merupakan implementasi Gerakan Serentak Pencegahan Stunting yang telah dicanangkan di Desa Hunut-Durian Patah, pada 10 Juni 2024.
Dalam sambutannya, Pj. Ketua TP PKK Maluku, Nita Sadali Ie mengatakan, kedatangannya bersama jajaran TP PKK untuk mengajak masyarakat berperan aktif dalam gerakan pemantauan dan pengukuran bayi dan balita di posyandu.
“Termasuk deteksi masalah gizi, memberikan edukasi dan intervensi penyakit infeksi termasuk TBC sebagai upaya pencegahan stunting, “ungkapnya.

Dijelaskan, kompleksnya penyebab stunting menjadi perhatian pemerintah bersama TP PKK, termasuk dengan makin tingginya kejadian TBC di Maluku.

“Berdasarkan penelitian, balita stunting beresiko 3x lipat terkena TBC, sedangkan balita atau keluarga dengan TBC beresiko 8x lipat untuk terkena stunting hingga gizi buruk akibat kekebalan tubuh menurun rentan, “terangnya.

Untuk itu, Ia berharap, posyandu sebagai ujung tombak pergerakan kesehatan masyarakat desa, menjadi tempat untuk dilakukan skrining dan intervensi pencegahan stunting.

“Sebagai Pembina Posyandu Provinsi Maluku, saya mengajak kita semua agar rajin membawa anak-anak ke posyandu. Mari bekerjasama untuk mewujudkan anak-anak yang sehat dan cerdas, “pungkasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Pj Ketua TP-PKK Kota Ambon, Dessy Kaya yang menekankan pentingnya membawa anak ke posyandu sehingga dapat memantau tumbuh-kembang anak.

” Saya memberikan apresiasi kepada para orang tua yang telah membawa anaknya ke posyandu. Di posyandu ada kader yang berperan sebagai penggerak dan penyuluh kesehatan masyarakat, yang akan memantau kondisi kesehatan ibu dan anak secara rutin dan terus-menerus setiap bulannya, sehingga akan mewujudkan keluarga yang sehat, “ucapnya.

Ia pun mengajak, para orang tua agar jangan lelah membawa anak ke posyandu setiap bulan.

“Karena di posyandulah kita dapat mengetahui kesehatan dan memantau tumbuh kembang anak, demi terwujudnya generasi penerus yang sehat, berkualitas dan unggul di masa depan,” tandasnya (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku