Connect with us

News

PJ GUBERNUR MALUKU DAN ISTERI HADIRI PERAYAAN IDUL ADHA MAJELIS TAKLIM NURUNNISA IKBSBT

Published

on

AMBON- Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie dan Isteri Ny. Nita Sadali Ie menghadiri perayaan Idul Adha 1445/2024 M Majelis Taklim Nurunnisa Ikatan Keluarga Besar Seram Bagian Timur (IKBSBT) Provinsi Maluku, di STAIN, Rabu (19/6/2024).

“Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, pribadi dan keluarga, saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M bagi seluruh umat Muslim di Maluku, khususnya warga masyarakat yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Besar Seram Bagian Timur (IKBSBT), mohon maaf lahir dan batin, “ucapnya.

Menurutnya, Idul Adha dan peristiwa Qurban yang dirayakan umat Muslim setiap tahun, bukan hanya dimaknai sebatas proses ritual tetapi juga diletakkan dalam konteks peneguhan nilai-nilai kemanusiaan dan spirit keadilan.

“Berkurban bukan hanya semata-mata menyembelih atau mengalirkan darah tetapi bagaimana dengan berkurban kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan sekaligus mendekatkan diri kepada sesama manusia, “ungkapnya.

Kesediaan berkurban lanjut dia, merupakan bukti keimanan, kecintaan dan kepasrahan seorang hamba terhadap Tuhannya. Qurban juga mengingatkan manusia bahwa jalan menuju kebahagiaan sesnantiasa menuntut pengorbanan.

“Jika berpuasa mengajarkan mereka yang terbiasa kenyang untuk merasakan lapar, maka qurban mengajak mereka yang merasakan lapar menjadi kenyang. Inilah semangat positif dari berqurban, “imbuhnya.

Olehnya itu, melalui momentum perayaan Idul Adha, selaku Penasehat Majelis Taklim Nurunnisa IKBSBT, Pj. Gubernur berharap, Majelis Taklim sebagai organisasi masyarakat, bukan hanya berfungsi sebagai wadah mengaji dan memahami Sunnah Rasul dan Kandungan AlQuran, melainkan juga harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
“Salah satu yang perlu terus ditingkatkan adalah ukhuwah Islamiyah atau kebersamaan antar umat Islam, “ingatnya.

Ia juga berharap Majelis Taklim Nurunnisa IKBSBT dapat menjadi sebuah wadah silaturahim antara ibu-ibu di dalam majelis taklim dan juga antar majelis taklim, dimana, dengan ruang tersebut, ibu-ibu bisa saling berbagi pengetahuan dan pengalaman beragama, termasuk berbagi keterampilan.

“Melalui momentum Idul Adha ini, saya mengajak kita semua, terutama masyarakat yang tergabung dalam IKBSBT untuk tingkatkan kualitas kerukunan dan kedamaian diantara sesama. Inilah spirit kebersamaan dan persaudaraan untuk belajar saling memahami, saling mempercayai, saling mencintai, saling menopang, saling membanggakan dan saling menghidupi, “pungkasnya (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku