Connect with us

News

Plh. Sekda Maluku Buka Bimtek Penyusunan SPBE

Published

on

AMBON- Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Domain Proses Bisnis dan Domain Layanan Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, di Aula Lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Rabu (3/7/2024).

Tujuan kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai jawaban terhadap perkembangan teknologi yang terus berkembang, dan guna mewujudkan sistem tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparansi, akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Maluku, Dr. Suryadi Sabirin M.Si. Bimtek SPBE yang akan dilaksanakan sampai 5 Juli 2024 ini, menghadirkan narasumber dari Kementerian PAN-RB dan SKALA.

Dalam sambutannya Sekda Sabirin mengatakan, dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, transparan dan akuntabel, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik, maka diperlukan komitmen dan kolaborasi seluruh perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Maluku untuk dapat mengimplementasikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, dimana saat ini persoalan SPBE masih harus menjadi fokus kita semua.

Dijelaskan, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden No.95 Tahun 2018 tentang SPBE dimintakan Pemerintah Daerah menyusun arsitektur SPBE dengan mengacu pada arsitektur SPBE nasional.

Pemerintah Provinsi Maluku, lanjutnya sudah memiliki dasar hukum tentang SPBE dengan diterbitkannya Peraturan Gubernur No. 98 Tahun 2021 tentang tata kelola SPBE Provinsi Maluk, maka dengan itu arsitektur SPBE.

Pemerintah Provinsi Maluku harus segera direalisasikan dengan langkah awal melaksanakan penyusunan domain proses bisnis SPBE dan domain layanan SPBE.

“Untuk itu, dengan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektoronik diharapkan, kita dapat mewujudkan pemerintahan yang berkualitas khususnya pada layanan administrasi pemerintahan dan layanan publik dalam penyelenggaraan pemerintahan, “ujarnya.

Ia berharap, peserta dapat mengikuti secara serius materi yang diberikan oleh narasumber agar dapat menerapkannya pada perangkat daerah masing-masing.

“Mari kita berkarya dan berinovasi dengan sistem pemerintahan berbasis elektronik akan mewujudkan pemerintahan yang lebih bersih, efektif, transaparan dan akuntabel dalam mewujudkan pelayanan yang berkualitas dan terpercaya, “pungkasnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi, dan bimbingan teknis oleh para narasumber. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku