Connect with us

News

HADIRI PESTA RAKYAT HARI PAJAK TAHUN 2024, PJ. GUBERNUR MALUKU SAMPAIKAN PAJAK MEMILIKI PERAN SANGAT VITAL

Published

on

AMBON- Penjabat Gubernur Maluku, Sadali Ie menghadiri Acara Pesta Rakyat Hari Pajak Tahun 2024, yang digelar Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ambon, di Gedung Keuangan Negara Ambon, Jumat (12/7/2024).

Pesta Rakyat dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan antara lain, fun walk yang diikuti oleh masyarakat umum, Bib Tax (edukasi perpajakan yang dikemas dengan cara yang menarik dan interaktif), Bazaar UMKM, hiburan musik dan door prize. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Pajak yang jatuh pada tanggal 14 Juli 2024.

Turut hadir dalam acara itu, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Maluku selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Maluku, Teddy Suhartadi Permadi, Pj. Walikota Ambon, Dominggus Kaya, Kepala KPP Pratama Ambon, A.K. Susetyo Bayunanto, Kepala KPPN Ambon, Kepala KPPBC Ambon, Kakanwil DJBC Maluku, Kepala KPKNL Ambon, Kepala Bapapenda Provinsi Maluku, Perwakilan BPK Maluku, Kepala OJK, Perwakilan BPKP Maluku dan Pimpinan Perbankan.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Maluku, Sadali Ie menyampaikan, kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi antara instansi pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Keuangan Provinsi Maluku, namun juga dapat mengenalkan kepada masyarakat bahwa penerimaan pajak daerah sangat penting dan memiliki kontribusi besar dalam Pembangunan di Provinsi Maluku.

Lebih lanjut dikatakan, pajak memiliki peran yang sangat vital dalam mendukung Pembangunan nasional dan Pembangunan daerah.

“Delapan puluh persen pendapatan negara bersumber dari penerimaan pajak. Penggunaannya mencakup seluruh aspek kegiatan pemerintahan, mulai dari belanja pegawai sampai dengan pembiayaan berbagai proyek pembangunan, yang dialokasikan melalui dana transfer ke daerah dalam bentuk Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) serta Dana Desa, “ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur juga menyampaikan ucapan selamat terhadap kinerja Direktorat Jenderal Pajak yang berhasil hattrick tiga tahun terakhir mencapai target penerimaan.
“Semoga tahun ini pun dapat meraih quattrick. Dan untuk KPP Pratama Ambon kami harapkan bisa mendapatkan hattrick di tahun 2024 ini, “ucapnya.

Apresiasi juga disampaikan, Ia sampaikan kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan di Provinsi Maluku, atas segala upaya dan kontribusi riil dalam perekonomian Provinsi Maluku, dimana pada triwulan I 2024, menurut data BPS yang dirilis pada 6 Mei 2024, perekonomian di Maluku mengalami pertumbuhan sebesar 5,41% (y-o-y).

Pj. Gubernur juga merespon baik penandatangan Tripartit antara Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Daerah dengan beberapa kabupaten/kota di Maluku, sebagai upaya terobosan pencapaian target penerimaan pajak negara, dan berharap dapat dilanjutkan dengan Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota yang lain.

“Kami berharap sinergitas antara Kementerian Keuangan dan Pemerintah daerah terus dilakukan untuk mewujudkan tata pemerintahan yang transparan, efektif, efisien serta good governance sehingga semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat, yang bermuara pada meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam menjalankan kewajibannya, “pungkasnya.
(BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku