Connect with us

Kesehatan

PJ. WALIKOTA AMBON RESMI CANANGKAN PIN POLIO DI KOTA AMBON

Published

on

AMBON- Penjabat Walikota Ambon, Dominggus Kaya resmi mencanangkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024 di Kota Ambon, bertempat di SD Negeri P dan K Kota Ambon, Selasa (27/7/2024).

Turut hadiri dalam acara pencanangan PIN Polio Kota Ambon diantaranya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Maluku, Djalaluddin Salampessy, Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang SDM, Fibra Breemer, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.
Penjabat Walikota Ambon, Dominggus Kaya menjelaskan, penyakit polio saat ini menjadi perhatian pemerintah, karena dampaknya sangat serius terutama bagi kesehatan anak-anak.

“Polio menyebabkan kelumpuhan permanen atau cacat seumur hidup menjadi ancaman yang harus kita atasi bersama, karena Polio tidak dapat diobati tetapi dapat dicegah, “ungkapnya.

Dikatakan, di tahun 2014, Indonesia telah menerima sertifikasi eliminasi Polio yang dinyatakan bebas Polio di 2015, namun di tahun 2022 dan 2023 beberapa daerah mengalami peningkatan atau kejadian luar biasa Polio seperti di Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Di tahun 2024 terjadi juga terjadi di Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan. Untuk mencegah terjadinya penularan Polio, maka perlu dilakukan PIN Polio di 27 provinsi termasuk Kota Ambon, yang dimulai tanggal 23 Juli 2024 pada anak usia 0-7 tahun yang dilakukan di Posyandu, Puskesmas dan Sekolah (TK, SD, PAUD dan SD sederajat).
“Pekan Imunisasi Polio tahun 2024 ini menjadi langkah konkrit pemerintah dalam memberikan perlindungan optimal bagi anak-anak dari ancaman penyakit tersebut, “tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan, PIN Polio ini juga merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kota Ambon dan semua pihak untuk mendukung pemerintah memberantas polio secara tuntas di Indonesia.

“Tahun ini kita manergetkan 34.382 anak di Kota Ambon yang berusia 0-7 tahun dapat memperoleh imuninasi Polio secara gratis dan merata dengan target capaian 95%,“ harapnya.
Untuk mensukseskan PIN Polio, Penjabat Walikota meminta dukungan semua baik tenaga Kesehatan, kader posyandu, PKK, pihak sekolah, TNI/Polri, swasta dan masyarakat, terkhusus orang tua anak.

“Keberhasilan kegiatan ini tidak lepas dari kerja keras dan dedikasi kita bersama. Saya juga mengajak seluruh masyarakat Kota Ambon untuk berpartisipasi aktif dalam menyukseskan kegiatan ini dengan membawa anak-anak mereka usia 0-7 tahun ke pos-pos imunisasi yang telah disediakan, “ ajaknya.

Ia pun mengajak untuk menjadikan momen pencanangan PIN Polio 2024 ini sebagai momentum penting untuk memperkuat komitmen bersama menjaga kesehatan anak-anak dan generasi penerus bangsa.

“Dengan kebersamaan dan semangat gotong royong, saya yakin kita dapat mencapai target 95% yang telah ditetapkan dan membawa Kota Ambon menjadi daerah yang bebas polio, “pungkasnya (BIRO ADMINSITRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku