Connect with us

News

PEMPROV MALUKU BAGIKAN 6.300 BENDERA MERAH PUTIH SAMBUT HUT RI KE-79

Published

on

AMBON- Jelang Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Maluku membagikan Bendera Merah Putih secara gratis kepada masyarakat, yang dipusatkan di Tribun Lapangan Merdeka dan Kawasan Pusat Kota Ambon, Jumat pagi (2/8/2024).
Kegiatan ini merupakan rangkaian program Nasional “Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih.

Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie dalam sambutannya menyampaikan, Gerakan yang dilakukan ini, dilandasi pemikiran bahwa Bendera Merah Putih, merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu masyarakat Indonesia, yang selama bulan kemerdekaan akan berkibar di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Dikatakan, Gerakan pembagian bendera ini adalah hasil pengumpulan Bendera Merah Putih dari setiap OPD, instansi Vertikal dan BUMN/BUMD yang selanjutnya akan diserahkan secara simbolis kepada para Camat, perwakilan paguyuban, ormas dan perwakilan kepala pemerintahan desa/kelurahan yang ada dalam wilayah Kota Ambon.

“Kami berharap bendera yang nantinya akan dibagi, segera dikibarkan di rumahnya masing-masing, karena realitas saat ini terjadi dekadensi moral, dimana kurang melihat Bendera menjelang Hari Raya Kemerdekaan di depan rumah, kalau tidak ada gerakan dari RT, RW atau Lurah, pasti banyak yang tidak ingat terkait peringatan 17an. Untuk itu, hari ini kita menyemangati lagi semangat Nasionalisme dengan membagi bendera,” ungkapnya.

Ia pun menegaskan, pembagian bendera ini jangan dianggap kegiatan seremonial semata, namun sebagai momentum untuk memupuk rasa cinta dan bangga terhadap negara. Sebab dengan tumbuhnya rasa itu, diharapkan bakal menuntun semangat dalam memberikan kontribusi masyarakat terhadap negara melalui perannya masing-masing.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Maluku Daniel Indey, melaporkan, jumlah Bendera Merah Putih yang terkumpul sampai dengan 29 Juli 2024, sebanyak 6.300 lembar, dari setiap OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Instansi Vertikal dan pihak swasta. Jumlah ini lebih banyak dari tahun sebelumnya yakni 5.000 lembar bendera.

“Bendera Merah Putih ini akan dibagikan kepada masyarakat yang tidak memiliki Bendera Merah Putih, dan akan dinaikkan mulai hari ini hingga akhir Agustus 2024 nantinya, “pungkasnya.

Hadir pada kesempatan itu Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Maluku, Penjabat Walikota Ambon, Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Maluku, para Staf Ahli dan Asisten Sekda, Pimpinan OPD Lingkup Provinsi Maluku dan Kota Ambon, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Ketua dan Pengurus Paguyuban Provinsi Maluku, para Camat, Kepala Desa, Pimpinan Negeri dan kelurahan lingkup Kota Ambon, para Organisasi Masyarakat, OKP, Insan Pers serta (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku