Connect with us

News

PJ Gubernur Maluku Pimpin Rapat TKPKD Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim

Published

on

AMBON- Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie, Jumat (2/8/2024), menghadiri sekaligus memimpin Rapat bersama Tim Koordinasi Penaggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Provinsi dan Kabupaten/Tahun 2024.

Hadir dalam rakor tersebut, Plh. Sekda Maluku, para Staf Ahli Gubernur dan Asisten Sekda, Kepala BPS Provinsi Maluku, Para Bupati/Walikota se-Maluku, Pimpinan lembaga Vertikal, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten/Kota.

Rakor ini sekaligus dalam rangka persiapan memenuhi undangan rapat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang akan dilaksanakan pada 9 Agustus 2024 di Jakarta.

Dalam arahannya, Pj Gubernur Sadali Ie menyampaikan, Pemerintah telah menargetkan penghapusan kemiskinan ekstrem menjadi zero atau 0 % di Tahun 2024 ini.

Ia menyebutkan, angka kemiskinan Maluku di tahun 2024 sebesar 16,05%. Angka tersebut mengalami penurunan 0,37 point dibandingkan dengan posisi yang sama di tahun 2023 yaitu sebesar 16, 42%.

Untuk kemiskinan eksterim, berada pada posisi 2, 59% atau setara dengan 47.670 jiwa.

“Kami ingin menyampaikan agar menjadi atensi. Berdasarkan hasil evaluasi, masih ada beberapa kabupaten/kota dengan angka kemiskinan ekstrim yang cukup tinggi yakni berada pada kisaran 4,5 bahkan 6 koma. Misalnya Kabupaten Seram Bagian Barat ada pada posisi 5,42%, Kepulauan Aru 5,15% dan Buru 4,24%,“ungkapnya.

Untuk itu, dibutuh komitmen bersama dalam upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim di Maluku.

“Ini memang suatu tantangan yang sangat besar bagi kami di Provisni Maluku, tetapi ini juga ujian bagi kami semua untuk dinilai oleh pemerintan pusat plus 11 kabupaten/kota dalam menyikapi program-program yang di programkan pemerintah pusat.
Oleh sebab itu, kita tidak bisa kerja sendiri-sendiri, kita harus benar-benar berkomitmen, kerja berkolaborasi, kerja keroyokan supaya benar-benar kita bisa mencapai harapan atau target-target nasional 0%,“pungkasnya (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku