Connect with us

News

PJ GUBERNUR SADALI IE PIMPIN PERINGATAN DETIK-DETIK PROKLAMASI RI KE-79 DI MALUKU

Published

on

AMBON- Penjabat Gubernur Maluku, SadaliI Ie, memimpin Upacara Peringatan Detik detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, yang digelar di Lapangan Merdeka, Ambon, Sabtu (17/8/2024) pagi.

Upacara dihadiri Forkopimda Maluku, Pejabat Pemprov dan TNI Polri, Pimpinan Instansi Vertikal, Perbankan, tokoh agama, tokoh pemuda dan unsur terkait lainnya.

Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024 mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju, “.

Dari pantauan di lapangan, upacara berlangsung khidmat. Upacara diawali dengan nyanyian lagu-lagu kebangsaan yang dibawakan ratusan pelajar SMA dan SMK se-Kota Ambon.

Kemudian peserta upacara memasuki lapangan upacara dipimpin Komandan Upacara Letkol Inf Julius Jongen Matakena, lulusan Akademi Militer tahun 2004, yang saat ini menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri 733 Masariku, Kodam XV/Pattimura.

Tepat pukul 09.55 Wit dentuman meriam, sirine menandai pembacaan detik detik proklamasi yang dibacakan Ketua DPRD Maluku, Benhur G. Watubun, kemudian dilanjutkan dengan Pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih oleh anggota Paskibraka.
Sang Merah Putih dikibarkan oleh putra putri terbaik Maluku yang tergabung dalam anggota Paskibraka.

Adapun pengibar bendera merah putih adalah Gabriele Nikiporus Niwele dari SMA Negeri 2 Ambon, Marfel Jaftoran dari SMA N 23 Maluku Tengah, Alvaro Fabridzio Saher dari SMA Negeri 1 Kabupaten Buru.

Sementara untuk Pembawa Bendera Merah Putih yaitu Jessila Juliandra Van Botter dari SMA Negeri 1 Ambon.

Paskibraka dikomandai Lettu Inf. Agung Dwi Prabowo, Komandan Kompi Bantuan Yonif 733 Masariku Kodam XV/Pattimura.

Usai pelaksanaan upacara, acara dilanjutkan dengan menyaksikan puluhan pelajar SMA dan SMK melakukan aubade dengan menyanyikan sejumlah lagu perjuangan. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku