Connect with us

News

PJ GUBERNUR PIMPIN UPACARA HUT KE-79 MALUKU, WARISI SEMANGAT PATTIMURA UNTUK MALUKU MAJU

Published

on

AMBON- Penjabat Gubernur Maluku, Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU, memimpin Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Provinsi Maluku tahun 2024, bertempat di Lapangan Merdeka Ambon, Senin (19/8/2024).

Tema HUT tahun ini terasa Istimewa dan menginspirasi, “Lanjutkan Perjuangan Pattimura, Wujudkan Maluku Maju, Menuju Indonesia Emas”, dimana seluruh masyarakat Maluku diajak untuk kembali mengingat semangat juang Kapitan Pattimura.

Dalam sambutannya, PJ Gubernur mengingatkan kita akan sosok Kapitan Pattimura. Jiwa semangat kabaresi Kapitan Pattimura adalah semangat pantang menyerah, dan rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.

“Jiwa bela negara dan martabat bangsa kabaresi itulah yang harus terus mewarnai perjuangan Pattimura-Pattimura muda masa kini, guna menghadirkan Maluku yang berkemajuan dalam karya, karsa dan prestasi,” tegasnya.

Belajar dari kisah perjuangan para pahlawan, sebut Sadali, setidaknya kita menemukan 3 nilai yang dapat dipetik dari perjuangan para pahlawan.

Pertama semangat persatuan dan kesatuan. Hal ini menjadi modal terpenting dalam perjuangan di masa kemerdekaan, membangun sistem kerja yang terkendali dengan satu garis komando.

Kedua, sikap rela berkorban dan tanpa pamrih adalah sikap mulia dari para pendahulu kita. Mereka tidak segan-segan untuk merelakan tenaga, harta, darah bahkan nyawa demi merebut kemerdekaan.

“Pengorbanan mereka, harus dibalas dengan bekerja keras bagi daerah dan masyarakat maluku sesuai tugas dan fungsi kita masing-masing dengan sepenuh hati, walaupun taruhan-nya kerja keras tersebut kurang dihargai orang. Itulah resiko seorang yang berkomitmen, dan berani bertanggung jawab atas seluruh penugasan yang dibebankan ke pundaknya,” tegasnya.

Ketiga, rasa cinta tanah air, patriotisme dan mengutamakan kepentingan daerah adalah sikap yang selalu tergambar dalam tindakan pendahulu kita. Sikap ini mesti diwariskan dari generasi ke generasi, dalam membangun toleransi hidup orang basudara, sebagaimana slogan hidup : potong di kuku rasa di daging; ale rasa beta rasa; sagu salempeng dipatah dua.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga mengingatkan kembali, bahwa di bulan November 2024 nanti, akan dilaksanakan Pilkada Serentak di seluruh Indonesia termasuk di Provinsi Maluku.

“Untuk itu, saya menghimbau seluruh ASN untuk menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis, “pungkasnya.
Upacara HUT Provinsi Maluku ke-79 ini turut dihadiri oleh Forkopimda Maluku beserta istri, Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Maluku, TNI Polri, Pimpinan Perbankan, Pimpinan Instansi Vertikal, perwakilan mahasiswa, tokoh agama, dan masyarakat luas. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku