Connect with us

News

HADIRI WISUDA UNPATTI, INI PESAN DAN HARAPAN PJ GUBERNUR MALUKU

Published

on

AMBON- Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie, menghadiri Wisuda Sarjana, Profesi, Doktor dan Program Studi di Luar Kampus Utama Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat Daya Universitas Pattimura (Unpatti) periode Agustus 2024, di Auditorium Gedung Unpatti, Kamis (29/8/2024).

Sebanyak 1.920 lulusan diwisudakan melalui Rapat Senat Terbuka Luar Biasa terdiri dari 1.674 lulusan sarjana, 44 profesi dokter, 3 lulusan profesi guru, 195 magister dan 4 lulusan doktor.

Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie, mengaku bangga dengan perjuangan mahasiswa yang pantang menyerah, terus belajar walau tantangan silih berganti, hingga akhirnya tiba di momen bahagia ini.

“Kalian adalah aset daerah dan bangsa ini tetaplah berjuang setelah wisuda ini, sebab hidup adalah perjuangan,” ujarnya.

Ia mengatakan, tantangan perkembangan dunia yang pesat saat ini, memerlukan generasi muda berkualitas, yang bukan saja menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, namun harus dibarengi dengan iman dan takwa.

Apalagi di era society 5.0 ini semua pihak harus terus berbenah mengembangkan kualitas hidup berbagai bidang kehidupan. revolusi teknologi digital, artificial intelegence (ai) dan berbagai kemajuan yang spektakuler saat ini, perlu diimbangi dengan kualitas SDM yang cerdas dan memiliki karakter yang tangguh.

“Oleh karena itu, perguruan tinggi harus merespons tuntutan tersebut, dengan menghasilkan sumber daya manusia generasi muda yang berkualitas, berbasis Iptek, “ujarnya.

Ia berharap, para lulusan adalah orang-orang yang telah memiliki kemampuan (kompetensi) yang cukup pada ilmu masing-masing.

“Karena itu pengetahuan yang dimiliki tidak hanya sebatas teoritas, tetapi juga pada waktunya dapat diimplementasikan bagi pengembangan dan kesejahteraan masyarakat, “harap Sadali.

Ia menambahkan, tugas mewujudkan masyarakat Maluku yang berkualitas merupakan tanggung jawab semua pihak. Semua perlu berperan sesuai tugas masing-masing, di mana pemerintah daerah sebagai regulator mengeluarkan kebijakan yang bertujuan mencapai misi Pemerintah Daerah melalui program dan kegiatan.

“Sementara itu lembaga pendidikan, diharapkan mampu menjaga mutu pendidikan dan kualitas kelulusannya, serta masyarakat menyadari pentingnya pendidikan untuk generasi dimasa mendatang,” terangnya.

Tak lupa, atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, Sadali menyampaikan selamat kepada para wisudawan/wisudawati yang meraih telah meraih gelar sarjana, profesi, magister, doktor, dan prgram studi di luar kampus utama.

Ucapan selamat juga disampaikan kepada orang tua, para dosen dan tenaga kependidikan yang telah bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas hingga tiba momen yang berbahagia itu.

“Ini merupakan anugerah Tuhan yang Maha Kuasa, serta hasil perjuangan bersama. Benarlah kata pepatah lama, berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian,” pungkasnya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku