Connect with us

info

Sambut Idul Fitri, Pemprov Maluku Gelar Pasar Murah

Published

on

AMBON- Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menggelar pasar murah bagi masyarakat. Pasar Murah dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Maluku, Kasrul Selang, Senin (3/4/2021) yang dipusatkan di pelataran Kantor Gubernur Maluku.

Sekda Maluku Kasrul Selang dalam sambutannya mengatakan, tidak terasa hari ini telah memasuki hari ke-21 Ramadhan.

“Kami yakin dengan ibadah puasa di bulan Suci Ramadhan, selain akan lebih meningkatkan iman dan taqwa, juga meningkatkan toleransi dan kepedulian kaum Muslimin untuk merasakan penderitaan yang sedang dialami fakir miskin. Selain itu, tentunya akan menumbuhkan dorongan, tekad dan semangat untuk dapat menyantuni, sebagai wujud kepedulian sosial,” ungkap Sekda.

Puasa juga, sebut Sekda, mengajak kita semua untuk menghargai perbedaan yang merupakan anugerah Tuhan yang terjadi dalam hidup ini, sehingga akan lebih memperkokoh dan mempererat hubungan kekerabatan yang dijiwai dan dituntun oleh nilai islami baik ukhuwah islamiah maupun ukhuwah insaniah, sehingga memberikan kontribusi bagi pemerintah daerah Maluku dalam upaya mewujudkan visi dan misi pembangunannya.

“Kita patut bersyukur, bahwa menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Tahun 2021 nanti, stok kebutuhan pokok masyarakat untuk Provinsi Maluku masih tersedia dalam jumlah yang cukup, ini semua adalah berkat kerja sama Pemprov Maluku melalui Dinas Perindag yang telah membangun komunikasi, koordinasi dan kolaborasi secara terus menerus dengan beberapa kota besar di provinsi lainnya di Indonesia antara lain Surabaya, Makasar dan Manado sebagai pusat-pusat akumulasi distribusi kebutuhan pokok masyarakat di kawasan timur indonesia,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, kegiatan Pasar Murah di laksanakan pada tanggal 3 sampai 6 Mei 2021, di desa-desa kawasan Kota Ambon, Kecamatan Salahutu, Leihitu dan Leihitu Barat yang berbasis data Program Keluarga Harapan (PKH) Dinas Sosial Maluku, sehingga diharapkan pasar murah ini tepat sasaran menyentuh masyarakat ekonomi lemah yang membutuhkan.

Sekda juga memberikan apresasi kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi aktif, sehingga terlaksananya pasar murah ini.

“Atas nama pemerintah daerah kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Bupati dan Walikota se-Maluku yang juga turut ikut melaksanakan pasar murah di daerahnya masing-masing,” ujar Sekda.

Sementara itu, Kadis Perindag Maluku, Elvis Pattiselano pada pembukaan kegiatan tersebut menjelaskan pasar murah yang akan berlangsung hingga 6 Mei 2021 dilaksanakan khusus untuk masyarakat Muslim yang terdaftar dalam PKH.

Menurut dia, pasar murah ini tidak hanya dilakukan Disperindag Maluku melainkan hampir Disperindag di 8 Kabupaten/Kota di Maluku, juga menyelenggarakan hal yang sama, kecuali Kabupaten MBD, MTB dan Kepulauan Aru.

“Kami menjual barang dengan sistem paket. Satu paket seharga 50 ribu, berisi 1 rak telur (30 butir), 2 Kg gula pasir, 2 Kg terigu, 2 liter
minyak goreng. Sementara distributor yang berpartisipasi pada pelaksanaan pasar murah kali ini adalah Bulog Divre Maluku & Maluku Utara, CV. Berkat Abadi serta Swalayan Farmers,” katanya.

Terdapat kurang lebih 5 ribu paket yang akan dijual. Sasarannya sebanyak 35 titik dan tersebar di Kecamatan Leihitu, Leihitu Barat dan Salahutu. Namun paket ini dijual khusus yang merayakan lebaran.

“Untuk Kota Ambon, terdapat 22 titik dimulai dari Desa Laha, Wayame, Rumah Tiga, Waiheru, Latta Galunggung, Kebun Cengkeh, Pandan Kasturi, Ponegoro, Jalan Baru, Waihaong dan terakhir Pohon Mangga,” tutup Elvis. (humasmaluku).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku