Connect with us

headline

Gubernur MI : Panen Raya Jagung Diharapkan Wujudkan Ketahanan Pangan di Maluku

Published

on

AMBON, : Gubernur Maluku Murad Ismail, diwakili Asisten III Setda Habiba Saimima menghadiri Panen Raya Jagung dan Penanaman Bibit Jagung dalam rangka Ketahanan Pangan yang diselenggarakan Lantamal IX Ambon. Kegiatan tersebut, merupakan kelanjutan dari panen raya perdana sebelumnya pada Selasa, 24 Mei 2022 lalu.

Panen raya yang berlangsung di Telaga Kodok, Dusun Karang-karang, Desa Poka, Kota Ambon, Jumat (03/06/2022) itu, selain dihadiri Ass III, juga diikuti Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina dan Forkopimda Maluku

Telaga Kodok merupakan aset lahan resmi milik Lantamal IX Ambon yang sudah bersertifikat, dengan lahan seluas 49 hektar. Kawasan ini, dulunya merupakan lahan tidur. Kegiatan tersebut juga merupakan kelanjutan dari panen raya perdana yang sudah dilaksanakan oleh Lantamal IX Ambon pada hari Selasa, 24 Mei 2022 lalu.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Assiten III Setda Maluku Habiba Saimima mengaku, keterlibatan petani penggarap lokal dalam pelaksanaan panen raya ini merupakan hal yang membanggakan. Kerjasama ini tentunya akan membangun kesadaran masyarakat, terutama petani Maluku untuk memanfaatkan lahan kosong maupun lahan tidur yang ada di sekitar, dengan penanaman komoditas pangan pokok unggulan, dalam rangka menjamin ketersediaan bahan bahan pokok untuk mencegah terjadinya kerentanan pangan, akibat pemanasan global maupun permasalahan pertanian lainnya.

“Saya berharap agar program pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan lahan dengan penanaman komoditas pangan lokal yang telah dilaksanakan saat ini, dapat dikembangkan di seluruh wilayah di Maluku dan menjadi role model bagi instansi lain untuk turut serta mewujudkan ketahanan pangan di Maluku,” kata Gubernur.

Selain itu, panen raya dimaksud juga merupakan langkah strategis dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan masyarakat, sekaligus sebagai upaya pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan lahan yang tersedia. Mengatasnamakan pemerintah daerah,

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Lantamal IX Ambon yang telah menginisiasi Panen Raya dan Penanaman Bibit Jagung. Sebab, merupakan kegiatan dalam menindaklanjuti kebijakan KASAL dalam pembinaan potensi maritim, dengan memanfaatkan potensi dan komunitas yang ada di daerah,” ujar Gubernur.

Ditempat yang sama, Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah menyampaikan, KASAL Laksamana TNI. Yudo Margono sudah mengamanatkan untuk memberikan perintah melaksanakan kegiatan pembinaan ketahanan pangan untuk mengatasi, membantu kesulitan masyarakat di sekitar terutama di sektor pangan.

“TNI AL melaksanakan kegiatan pembinaan potensi maritim yang merupakan kegiatan teritorial, karena Angkatan Laut lebih banyak bermain di pesisir dan di lautan, tapi Komandan Lantamal ini luar biasa sehingga sudah mulai merambah ke gunung”, tambah kata Nur.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi apa yang sudah dikerjakan oleh Lantamal IX Ambon dalam hal ini Danlantamal IX dan para anggotanya, saya berharap bisa memberikan nilai lebih kepada masyarakat di sekitar sini untuk kesejahteraan dan untuk ketahanan pangan pada utamanya”, tutup Nur.

Sebagai informasi, pelaksanaan panen raya sebagai bentuk kontribusi Lantamal IX Ambon terhadap pertanian Indonesia dalam menjaga ketahanan pangan nasional, salah satunya pada komoditas jagung, sesuai program Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo.

Selain mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional di kota Ambon, tujuan kegiatan ini merupakan wujud dari Lantamal IX Ambon membuka lapangan kerja bidang pertanian, melindungi dan melestarikan alam, membangun sektor pariwisata dan pendidikan di kota Ambon bidang pertanian dan perkebunan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan panen raya jagung, penyerahan bantuan dari Pertamina Regional Wilayah Kota Ambon berupa alat-alat pertanian, penyerahan bantuan sembako kepada perwakilan masyarakat dan sesi foto bersama.

Turut hadir sejumlah Ketua Cabang VI Gabungan Mabesal Ny. Ayu Alamsyah, jajaran Lantamal IX Ambon, pimpinan dan jajaran Basarnas Maluku, pimpinan Pemkot Ambon, pimpinan perguruan tinggi seperti Unpatti Ambon / Darussalam / IAIN Ambon / Muhammadiyah, para tokoh masyarakat / agama / pemuda, para petani lokal di Desa Telaga Kodok dan undangan lainnya. ( Biro Administrasi Pimpinan Setda Maluku)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku