Connect with us

News

Widya ingin Siswa SMAN 11 Ambon Jadi Agen Literasi

Published

on

AMBON – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Maluku menyelenggarakan Gerakan Membaca di SMA Negeri 11 Ambon, Selasa, (20/12/2022). Kegiatan ini mengusung tema “Gelorakan Semangat Literasi untuk Masa Depan Anak Negeri.”

Hadir di kegiatan ini, Bunda Literasi Provinsi Maluku, Ny. Widya Pratiwi Murad mengaku, kunjungannya ke SMA Negeri 11 adalah untuk mengajak para guru dan siswa-siswi di sekolah setempat, mengkampanyekan gemar membaca dan menulis. Mengingat, niat menjalani sekolah diantaranya untuk mencari ilmu pengetahuan dan membekali diri dengan hal-hal yang positif. Dengan begitu, wawasan tersebut, bisa digunakan para siswa-siswi dan generasi muda lainnya di jenjang berikutnya seperti di perguruan tinggi dan lainnya.

“Akan memiliki wawasan luas sehingga adik-adik tidak kalah nanti, jika diberi kesempatan mengikuti lomba ilmiah tingkat provinsi dan seterusnya. Saya ingin adik-adik siswa-siswi ini menjadi agen-agen literasi yaitu bagaimana menyemangati semua orang untuk gemar membaca,” kata Widya.

Ia menyampaikan, membaca akan menambah wawasan dan pengetahuan dan semua orang tentu mengetahui apa itu membaca. Meskipun tidak semuanya mengetahui secara definisi pasti, tapi setiap orang pasti memahami konsep dari membaca. Disisi lain, membaca juga memiliki peran penting dalam sejarah peradaban manusia dan manfaat dari kegiatan membaca adalah melatih kemampuan berpikir, meningkatkan pemahaman, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, mengasah kemampuan menulis, mendukung kemampuan berbicara, meningkatkan konsentrasi, keterampilan berpikir analitis, hiburan dan ketenangan serta membuat imajinasi tanpa batas.

“Sehingga anak-anak bisa mempunyai wawasan tentang ilmu pengetahuan. Dan setelah lulus, ilmu pengetahuan tersebut bisa digunakan sesuai kebutuhan anak-anak. Entah dipakai dalam berorganisasi, perguruan tinggi atau dunia kerja dan lainnya. Jelasnya, ini merupakan kebanggaan saya yang juga sebagai Ina Latu Maluku,” ujar Widya.

Menurutnya, di era digital ini lebih banyak orang yang membaca status di sosial media ketimbang membaca buku. Padahal membaca buku membuka wawasan dan ilmu pengetahuan. Setiap kali membaca akan mendapatkan fakta dan informasi baru. Informasi dan fakta baru ini bisa diketahui melalui membaca sehingga dengan membaca, secara langsung menambah wawasan melalui buku tersebut.

Tidak hanya informasi dan fakta, sambung Widya, membaca juga membantu meningkatkan kemampuan.
Pengetahuan dan ilmu apa yang didapat tergantung dengan buku yang dibaca. Faktanya, setiap buku mempunyai pengetahuan yang berbeda-beda. Sehingga semakin banyak buku yang dibaca, wawasan yang didapat akan semakin banyak pula.

“Gemar membaca tidak ada ruginya tapi justru menambah ilmu wawasan, supaya adik-adik tidak begitu-begitu saja. Terus semangat membaca, tidak ada kata tidak mencari ilmu. Apapun bakat yang ada, silahkan digali. Yang punya adik di rumah, tolong jadi agen gemar membaca untuk lingkungannya,” tutup Widya.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Maluku, Nita Sadali, mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kegemaran membaca dan literasi masyarakat di Maluku, sekaligus sebagai implementasi salah satu dari tujuan pelaksanaan HUT DWP yang ke-23 Tahun 2022 yaitu menggerakkan anggota DWP dan masyarakat untuk cerdas membaca.

“Kampanye gemar membaca ini, hendaknya dimaknai sebagai kebutuhan daerah, agar seluruh kebijakan program dan kegiatan pemerintah daerah dalam rangka pembudayaan gemar membaca dapat terwujud secara efektif dan efisien, yang bermuara pada meningkatnya indeks kegemaran membaca dan literasi masyarakat Maluku,” kata Sadali.

Kegiatan kampanye ini dihadiri Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Insun Sangadji, Kepala Sekolah SMA Negeri 11 Ambon, La Ima Kampono, pimpinan dan para guru SMA Negeri 11 Ambon, para siswa dan undangan lainnya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU).

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku