Connect with us

Daerah

SEKDA SAMPAIKAN AMANAT MENDAGRI PADA PERINGATAN HARI OTDA KE-XXVII LINGKUP PEMPROV MALUKU

Published

on

AMBON- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku melaksanakan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVII Tahun 2023 dengan tema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul, di Halaman Kantor Gubernur Maluku, Sabtu (29/4/2023).

Bertindak selaku inspektur upacara, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali Ie. Upacara diikuti para Staf Ahli Gubernur, Asisten Sekda, pimpinan OPD serta seluruh ASN Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku.

Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian dalam amanatnya yang disampaikan Sekda Maluku Sadali Ie mengatakan, esensi filosofis dati Otonomi Daerah adalah mendesentralisasikan sebagian kewenangan agar daerah mencapai kemandirian fiskal, yaitu dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.

Dikatakan, setelah 27 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia (IPM), bertambahnya pendapatan asli daerah (PAD) dan kemampuan fiskal daerah.

Namun data juga menunjukan bahwa filosofi dari tujuan otonomi daerah belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan.

“Untuk itu, saya menghimbau bagi daerah yang masih rendah PAD-nya, agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD bahkan melebihi TKDD, tanpa melanggar hukum dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat,” imbaunya.

Di dalam amanatnya, Mendagri juga menyampaikan tentang arahan Bapak Presiden terkait pengendalian inflasi tahun 2023 dan upaya mendukung kebijakan pemerintah guna menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, dan mendukung kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di daerah.

“Saya sebagai Menteri Dalam Negeri setiap hari Senin memimpin rapat penanganan inflasi untuk memantau perkembangan inflasi di daerah dan saat ini telah terbentuk Satgas Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) berdasarkan surat edaran nomor 500/4825/SJ tentang penggunaan belanja tidak terduga dalam rangka pengendalian inflasi di daerah,” imbuhnya.

Mendagri juga menyampaikan terkait dengan program peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) yang merupakan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri sehingga P3DN perlu senantiasa didorong dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Tak hanya itu, terkait penurunan prevalensi stunting pada anak, Mendagri menghimbau kepada seluruh kepala daerah untuk mengambil langkah-langkah strategis di wilayah masing-masing, sehingga target 17 persen secara nasional di tahun 2023 dapat tercapai.

“Oleh karena itu, perlu kiranya kita melakukan refleksi sejenak untuk kembali memahami esensi filosofis dari ditetapkannya Otonomi Daerah yang saat ini genap berusia 27 tahun. Melalui momentum peringatan hari Otda ini, saya mengajak kita semua untuk dapat berdoa bersama agar apa yang menjadi tujuan otonomi daerah sebagaimana filosofi pembentukannya dapat terwujud disemua daerah,” tandasnya (**)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku