Connect with us

Daerah

Bunda Literasi Widya Pratiwi Murad Kunjungi Rumah Belajar Komunitas Pulau Buru di Desa Lamahang

Published

on

LAMAHANG- Bunda Literasi Provinsi Maluku, Ny. Widya Pratiwi Murad mengunjungi rumah belajar Komunitas Pulau Buru, Kota Baru di Desa Lamahang, kecamatan Waplau, Kabupaten Buru, Minggu (7/5/2023). Dalam kunjungannya Widya menyapa anak-anak yang telah menunggu kedatangannya.

Kehadiran Widya, disambut hangat dan suka cita oleh anak-anak dan pendiri rumah belajar Komunitas Pulau Buru, La Ode Alimin.

Turut mendampingi dalam kunjungan, Penjabat Bupati Buru, Djalaluddin Salampessy beserta isteri, Ketua Dharma Wanita Provinsi Maluku, Nita Sadali dan Kepala Dinas Perpustakaan Kearsipan Provinsi Maluku, Poppy Bachmid.

Pendiri Rumah Literasi Komunitas Pulau Buru, La Ode Alimin yang menyambut kedatangan Bunda Literasi Widya Pratiwi Murad, mengaku senang dan mengucapkan terimakasih atas kunjungan tersebut.

” Kedatangan Bunda Literasi disini akan menjadi tolak ukur kedepan dalam menjadikan pulau Buru sebagai pulau Literasi,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Bunda Literasi Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad mengatakan, dewasa ini, upaya pembinaan terhadap kualitas sumber daya manusia telah dilakukan baik oleh pemerintah maupun pihak pemangku kepentingan, salah satunya melalui pendidikan.

“Dan hal yang sangat mendasar dalam penyelenggaraan pendidikan mulai dari pendidikan informal, non formal dan formal, salah satunya adalah kemampuan untuk membaca,” kata Widya.

Dikatakan, kemampuan membaca bukan kemampuan bawaan sejak lahir, melainkan suatu keterampilan yang harus dipupuk dan dibina serta dikembangkan mulai dari pembinaan minat, kegemaran, kebiasaan, sehingga membaca, merupakan suatu kebudayaan yang dapat menciptakan masyarakat pembelajar, dan akhirnya dapat meningkatkan nilai kegemaran membaca.

“Ada dua hal penting yang perlu menjadi perhatian kita bersama dalam menilai tingkat kegemaran membaca yaitu, sejauh mana minat baca kita dan juga ketersediaan buku atau sumber informasi lainnya. Dengan demikian yang menjadi arah gerak kita kedepan untuk mencapai target nilai tingkat kegemaran tersebut adalah menumbuhkembangkan minat baca masyarakat yang dimulai dari keluarga, sekolah, komunitas maupun dalam lingkungan sosial kemasyarakatan,” terang Widya.

Untuk itu, keberadaan rumah literasi atau rumah baca sangat penting sebagai wadah kegiatan penggiat literasi sekaligus dalam rangka menggelorakan semangat gemar membaca maupun budaya literasi bagi generasi muda di Kecamatan Waplau dan Kabupaten Buru pada umumnya.

“Apresiasi saya terhadap Desa Lamahang khususnya kepada pendiri komunitas rumah belajar yang luar biasa semangat.Ini menjadi contoh bagi generasi muda sekarang. Kalau bukan kita siapa lagi kalau bukan sekarang kapan lagi. Semoga rumah literasi ini dapat dikembangkan guna menumbuh-kembangkan minat baca masyarakat untuk kemajuan literasi di Pulau Buru,” harap Widya.

Widya juga mengajak guru-guru mulai dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK sederajat yang ada di Kabupaten Buru, untuk dapat membantu menumbuh-kembangkan minat baca para siswa di sekolah dengan berbagai kegiatan pembudayaan gemar membaca dan lietrasi maupun pengembangan koleksi perpustakaan, sehingga dapat memfasilitasi apa yang menjadi kebutuhan informasi para siswa.

“Selaku Bunda Literasi Provinsi Maluku, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Buru, OPD terkait dan semua pihak yang telah menghadirkan rumah literasi di kecamatan Waplau. Semoga kehadiran rumah belajar ini dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan literasi di Pulau Buru,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Bunda Literasi Widya Pratiwi Murad juga menyerahkan bantuan 40 buah buku secara simbolis kepada pendiri rumah belajar komunitas pulau Buru, dan pemotongan tumpeng untuk memperingati Hari Literasi Kabupaten Pulau Buru ke 10 tahun.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekda Kabupaten Buru, sejumlah Pimpinan OPD Lingkup Provinsi Maluku dan Kabupaten Buru, Camat Waplau, Kepala Desa Lamahang beserta Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Adat. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku