Connect with us

info

HADIRI RAKORNIS PENDIDIKAN KELAUTAN DAN PERIKANAN,SEKDA SAMPAIKAN HARAPAN GUBERNUR

Published

on

AMBON- Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali Ie, menghadiri pembukaan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pendidikan Kelautan dan Perikanan Tahun 2023, yang diselenggarakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), melalui Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan, yang dipusatkan di SUPM Waiheru, Jumat (12/05/2023).

Rakornis yang dibuka pelakanaanya oleh Kepala Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP), I Nyoman Radiarta, dengan mengusung tema “Transformasi Pendidikan Kelautan dan Perikanan untuk Ekonomi Biru” dihadiri seluruh satuan pendidikan menengah (SUPM) dan pendidikan tinggi (Poltek) seluruh Indonesia.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang disampaikan Sekda mengatakan, pelaksanaan Rakornis ini merupakan upaya membangun kesepahaman dalam meningkatkan mutu pendidikan kelautan dan perikanan di Maluku.

Dijelaskan, Maluku memiliki luas wilayah seluas 712.479 kilometer persegi, dengan luas laut 658.294 kilometer persegi atau 92,4 persen dan luas daratan hanya 54.185 kilometer persegi atau sebanyak 7,6 persen. Secara geografis, kata Gubernur, Provinsi Maluku berbatasan dengan laut Seram di sebelah utara, Samudera Hindia dan laut Arafura di sebelah selatan, Provinsi Papua Barat di sebelah timur, dan Laut Banda di sebelah barat.

Gubernur juga menjelaskan tentang Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP), Provinsi Maluku memiliki tiga WPP yaitu, WPP RI Laut Banda, WPP RI Laut Seram dan WPP RI Laut Arafura.

“Indonesia berpotensi menjadi lumbung perikanan dunia. Terlebih WPP yang berada di Indonesia bagian timur, dimana WPP Provinsi Maluku termasuk memiliki potensi perikanan yang besar,” ungkapnya.

Terkait pelakanaan Rakornis dimaksud, dirinya berharap, dapat menghasilkan konsep pikir dalam melahirkan pendidikan Kelautan dan Perikanan, terutama di Maluku dengan mengelaborasikan PP Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penangkapan Ikan Terukur, untuk menjadi rujukan dalam penetapan aturan pelaksanaannya.

Dengan hadirnya para narasumber maupun peserta yang notabene memiliki pengalaman di bidang KP, Gubernur berharap, menjadi ajang untuk saling menukar informasi, sehingga rapat kerja ini memiliki bobot yang baik, dalam rangka memberikan kontribusi terhadap kebijakan pemerintah pusat yang bisa berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat nelayan yang bermukim di pesisir pulau-pulau Maluku.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, kami berharap dengan program dari pada KKP terkait dengan ekonomi biru, dapat mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi sektor perikanan,” tandas Gubernur.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) Kelautan dan Perikanan (KP), I Nyoman Radiarta menyampaikan, BRSDM KP telah menetapkan program terobosan berdasarkan lima program prioritas KKP, dimana BRSDM KP secara spesifik telah diberikan tugas untuk mengembangkan SDM KP yang unggul melalui fungsi pendidikan, pelatihan dan penyuluhan dengan melibatkan dukungan sekitar 4,300 penyuluh dengan konsep “Ekonomi Biru” yang mengedepankan keseimbangan ekologi dan mendukung peningkatan ekonomi berkelanjutan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata Radiarta, BRSDM KP menetapkan dua program strategis yaitu Vocational Goes to Actors (VOGA), dan Smart Fisheries Village (SFV) yang terbagi menjadi SFV berbasis Desa dan UPT lingkup BRSDM.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah provinsi Maluku atas dukungan sehingga UPT-UPT yang dimiliki oleh BRSDM KP secara spesifik dan juga KKP secara umum, tetap terjalin hubungan baik, dalam rangka meningkatkan kinerja dan juga berkontribusi nyata bagi peningkatan kinerja Kelautan dan Perikanan di Maluku,” ujar Radiarta.

Dalam pelaksanannya, Rakornis dihadiri Kepala Pusat Pendidikan KP, Bambang Suprakto, para pejabat eselon II, Badan Riset SDM Kelautan, para Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan dan Kepala SUPM se-Indonesia, pimpinan OPD lingkup Pemprov Maluku, Kepala UPT lingkup KKP se-Maluku, para pimpinan Pasca Sarjana Unpatti Ambon/Darussalam dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, berlangsung pula penyerahan penghargaan kategori “Pendidik Berprestasi” lingkup KKP Tahun 2023 kepada Artin Indrayanti dari SUPM Kota Agung (Terbaik I), Anjang Kurnia dari SUPM Tegal (Terbaik II) dan Bujang Ali dari SUPM Pontianak (Terbaik III).

Penyerahan penghargaan kategori “Penerapan Standar Pendidikan Terbaik Tahun 2022 kepada peringkat I kategori Satuan Pendidikan KP Tahun 2022 diberikan kepada Politeknik KP Kerawang, Peringkat II kepada SUPM Tegal, peringkat III politeknik AUP, Harapan I Politeknik KP Sidoarjo, harapan II SUPM Waiheru dan harapan III diterima SUPM Sorong, dan penandatanganan perjanjian kerjasama antara BRSDM KP dengan mitra dunia usaha dan dunia industri yaitu PT OS Selnajaya dan LPK OSIN, dalam rangka pengembangan SDM penerapan dan penempatan kelulusan.

BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU.

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku