Connect with us

News

4 KALI BERTURUT-TURUT, PEMPROV MALUKU KEMBALI RAIH WTP DARI BPK RI

Published

on

AMBON – Pemerintah Provinsi Maluku Kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia. Opini tersebut diserahkan Auditor Utama Keuangan Negara VI BPK RI, La Ode Nusriadi kepada Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Maluku dalam rangka Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Tahun Anggaran 2022, di ruang paripurna Kantor DPRD Maluku, Selasa, (23/5/2023).

Rapat paripurna itu, dipimpin Ketua DPRD Maluku, Benhur Watubun, dan dihadiri Wakil Ketua Melkianus Saerdikut, Rasyad Effendi Latuconsina, Sekda Maluku Sadali Ie, sejumlah anggota dewan, perwakilan pimpinan Forkopimda Provinsi Maluku dan pimpinan OPD lingkup Pemprov Maluku.

Sebagaimana diketahui, pencapaian opini WTP kali ini merupakan WTP keempat yang diraih Pemprov Maluku secara berturut-turut dari tahun 2019-2022 atau dicapai pada periode masa pemerintahan 2019-2024 ini.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan, LKPD Pemprov Maluku Tahun Anggaran 2022 telah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), memiliki kecukupan pengungkapan yang memadai, tidak terdapat ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang bernilai material atau berpengaruh langsung terhadap laporan keuangan, dan memiliki sistem pengendalian intern yang efektif,” ujar La Ode, Auditor Utama Keuangan Negara VI BPK RI

Dengan dasar tersebut, jelas La Ode, BPK memberikan opini “Wajar Tanpa Pengecualian” atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Tahun 2022.

” Kami mengucapkan selamat atas pencapaian opini empat kali WTP berturut-turut sampai dengan saat ini yang diraih Pemprov Maluku. Hal ini menunjukkan komitmen Pemprov Maluku terhadap kualitas laporan keuangan yang dihasilkan,”tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang disampaikan Wagub Barnabas Nathaniel Orno mengucapkan terima kasih, apresiasi dan penghargaan kepada pimpinan dan seluruh jajaran BPK RI Perwakilan Maluku dan tim pemeriksa, atas komunikasi dan kerjasama dalam rangka perbaikan, penataan dan pengelolaan keuangan daerah di Maluku, dengan tetap mengedepankan independensi, profesional dan nilai-nilai objektivitas.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD provinsi Maluku yang telah bersama-sama dengan pemerintah daerah dalam menyelenggarakan roda pemerintahan daerah, dalam melakukan fungsi pengawasan selama pelaksanaan APBD provinsi Maluku TA 2022.

“Juga kepada seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah lingkup Pemprov Maluku yang telah melaksanakan APBD tahun anggaran 2022, dengan penuh tanggung jawab.

“Secara khusus, saya juga mengucapkan terima kasih kepada bapak La Ode, yang di tengah-tengah kesibukan dan agenda yang padat, masih berkenan hadir dan menyerahkan secara langsung, Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Maluku Tahun Anggaran 2022,” tutup Gubernur. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku