Connect with us

News

GUBERNUR APRESIASI MASYARAKAT DAN PEMNEG TULEHU MAMPU MENJAGA TRADISI ABDA’U

Ketgam: Sekretaris Daerah Maluku, Sadali Ie membuka perayaan Idul Adha dan Karnaval Abda’u 1444 H/2023 Masehi Negeri Tulehu, Kamis (29/6/2023), yang berlangsung di Pelataran Pasar Swalayan Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Published

on

TULEHU- GUBERNUR Maluku Murad Ismail mengapresiasi ritual Karnaval Abda’u yang diselenggarakan setiap tahun pada perayaan Idul Adha oleh warga Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, masih tetap terjaga hingga saat ini.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku, saya memberikan apresiasi kepada pemerintah dan masyarakat Negeri Tulehu, karena hingga saat ini masih mampu menjaga, memelihara dan mengembangkan warisan leluhur ini,’’ ungkap Gubernur dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadali Ie, saat membuka perayaan Idul Adha dan Abda’u Karnaval 1444 Hijriah/2023 Masehi Negeri Tulehu, Kamis (29/6/2023) yang berlangsung di Pelataran Pasar Swalayan Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah.

Dikatakan, tradisi Abda’U mengandung nilai ibadah kepada Allah SWT yang harus mampu diinternalisasikan oleh masyarakat muslim terutama masyarakat negeri Tulehu kedalam kehidupan sehari-hari.

“Tradisi ini harus dijaga dan dapat diwariskan ke anak cucu sebagai generasi pewaris,” pintanya.
Oleh sebab itu, Gubernur berharap, momen Abda’U harus dikemas dengan lebih menarik, sehingga memberikan daya pikat dan ketertarikan tersendiri sebagai modal sosial kultur berbasis kearifan lokal yang memberikan dampak ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat di Negeri Haturesi ini.

Hadir dalam perayaan Idul Adha dan Abda’u Karnaval, Inalatu Maluku Widya Pratiwi Murad, unsur Forkopimda Provinsi Maluku dan Maluku Tengah, Asisten III Pemkab Maluku Tengah, Camat Salahutu, Raja Negeri Tulehu, Imam Masjid Jame Negeri Tulehu, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh perempuan, serta masyarakat Negeri Tulehu.

(BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku