Connect with us

Daerah

Pemprov Distribusi Anakan Pala di Kab.Malteng, Ina Latu Malika Sasar Desa Sawai Lakukan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Published

on

MASOHI- Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Pertanian, mendistribusikan 28 ribu anakan bibit Pala di Kabupaten Maluku Tengah. Penyerahan dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku, Ilham Tauda, berlangsung di Desa Sawai, Kecamatan Seram Utara, Selasa, (5/9/2023).

Selain bibit anakan pala, Pemprov Maluku melalui Biro Kesra Setda Maluku juga memberikan bantuan Turing Masjid Al-Abrar, Desa Sawai, yang diserahkan langsung oleh Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Ibu Widya Pratiwi Murad.

“Selama tahun 2023 atas arahan Pak Gubernur, Kabupaten Maluku Tengah telah kita distribusi 28 ribu anakan Pala. Dan atas arahan yang sama juga dari Pak Gubernur dan, Ketua TP-PKK Maluku, bantuan bibit Pala sebanyak 3 ribu anakan akan diberikan kepada Desa Sawai, Besi, Huaulu dan Oping, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah,” jelas Kadis Pertanian.

Ia pun berharap, para kelompok tani segera memanfaatkan bibit anakan pala yang telah diterima untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Pada kesempatan itu, Tauda juga menyampaikan kunjungan kerja ini dirangkaikan dengan khitanan massal serta pengobatan kesehatan berdasarkan keluhan masyarakat yang merupakan tindak lanjut program Ina Latu Malika.

“Hari ini juga dilakukan pengobatan berdasarkan keluhan masyarakat seperti sakit pinggang, nyeri dada, keram kaki tangan, pusing, asma, diare dan lain-lain, juga sunatan massal kepada 30 anak. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut program Ina Latu Malika,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad berharap, bantuan pemerintah daerah yang telah diterima masyarakat untuk pemenuhan sarana dan prasarana rumah ibadah dapat bermanfaat bagi kemaslahatan umat beragama.

“Mudah-mudahan apa yang kita harapkan menjadi keberkahan untuk kita semua,” ucap Widya.

Berkaitan dengan pengobatan dan Khitanan Massal di Desa Sawai, Widya mengatakan, pelaksanaan kegiatan dimaksud dalam rangka terpenuhinya generasi sehat.

Dalam kegiatan ini tim Ina Latu Malika yang diketuai Ina Latu Maluku, Ibu Widya Pratiwi Murad
membawa serta spesialis dokter mata, bedah mulut, kesehatan jiwa, penyakit dalam, dokter umum dan tenaga medis lainnya.

“Karena moto kami adalah Menjangkau Yang Tidak Terjangkau,” tegas isteri Gubernur Maluku ini.

Widya menambahkan, dari kegiatan yang telah dilaksanakan, tim Ina Latu Malika telah melakukan pelayanan kesehatan kepada 2.617 pasien di
sejumlah desa/ dusun termasuk yang saat ini dilaksanakan di Desa Sawai, yang menjadi lokasi ke-13 didatangi oleh tim.

“Ina Latu Malika atau Ina Latu Maluku Peduli Kesehatan melakukan pelayanan untuk membantu masyarakat mendapatkan layanan kesehatan secara mudah tanpa perlu ke Puskesmas atau rumah sakit dengan beban biaya pengobatan,” tandas Widya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU).

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku