Connect with us

News

KWARDA GERAKAN PRAMUKA MALUKU GELAR UPACARA PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-62

Published

on

AMBON- Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Maluku melaksanakan Apel Besar Hari Pramuka ke-62 di Lapangan Merdeka, Jum’at, (29/9/2023).

Hari Pramuka Nasional ke-62 tahun, jatuh pada hari Senin 14 Agustus 2023.

Gubernur Maluku Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Murad Ismail yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Maluku menghadiri Peringatan Hari Pramuka itu, dengan bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Budi Waseso, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ketua Mabida, mengucap syukur karena Organisasi Pendidikan Kepanduan Praja Muda telah berusia 62 tahun, sekaligus memperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan Indonesia sejak tahun 1912.

“Untuk itu, kita perlu mengucapkan banyak terima kasih kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa karena atas nikmat dan berkahnya, Gerakan Pramuka dapat berkembang untuk membantu masyarakat dan pemerintahan, serta menangani pendidikan non formal dalam pembentukan karakter,” kata Waseso.

Ia menilai, pengusungan tema peringatan Hari Pramuka ke-62 yakni “Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan” menunjukkan semangat gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional. Di samping itu, wawasan kebangsaan juga menjadi penting agar nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara. Terlebih jelang tahun politik, persatuan gerakan Pramuka harus solid dan menjadi karya untuk merajut persatuan.

“Harus diakui, jumlah SDM yang ada di gerakan pramuka khususnya para pembina pramuka dan pelatih pembina pramuka, jumlahnya masih terbatas. Untuk itu, saya berharap kwartir di semua tingkatan harus turut membantu peningkatan kualitas gugus depan di wilayah masing-masing,” ujar Waseso.

Di lain sisi, jelang dilaksanakannya sejumlah kegiatan nasional seperti Perkemahan Bakti Satuan Karya (PERTISAKA), Bakti Husada Tingkat Nasional, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putra putri Nasional serta Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka di Banda Aceh, Provinsi Aceh, Waseso mengajak seluruh anggota pramuka untuk mensukseskan kegiatan-kegiatan dimaksud.

Berkaitan dengan pemilihan Ketua Kwarnas, Waseso mengingatkan untuk tidak dijadikan seperti ajang politik praktis. Selain mengutamakan persaudaraan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

“Ingatlah, sesungguhnya kita semua telah bersaudara dan apabila terdapat masalah internal hendaknya cukup diselesaikan antara kita sendiri,” kata Waseso mengingatkan.

Diakhir sambutannya, Waseso mengucapkan terima kasih kepada semua pejabat negara ditingkat pusat dan pejabat daerah sebagai Ketua Majelis Pemimpin Daerah, Majelis Pemimpin Cabang dan Majelis Pembimbing Ranting, para Pembina Gugus Depan dan semua pihak yang telah turut serta membantu mengembangkan gerakan Pramuka.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk di didik dalam gerakan pramuka, serta masyarakat luas yang selalu mendukung pendidikan gerakan pramuka,” tutup Waseso. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU).

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku