Connect with us

News

2024, MALUKU DIPASTIKAN JADI EMBARKASI HAJI ANTARA

Published

on

AMBON- Pemerintah Pusat melalui Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama RI, H. Saiful Mujab, memastikan Provinsi Maluku di tahun 2024 mendatang telah menjadi Embarkasi Haji Antara (EHA).

Hal ini disampaikan Saiful Mujab selaku Ketua Tim Visitasi EHA usai melaksanakan Rapat Koordinasi dalam rangka Maluku Menuju Embarkasi Haji Antara tahun 2024 bersama Gubernur Maluku Murad Ismail dan Kementerian Agama Provinsi Maluku, yang berlangsung di ruang kerja Gubernur, Jumat (27/10/2023).

Ia mengatakan, tujuan kunjungan tersebut untuk melihat langsung kesiapan Maluku menuju EHA tahun 2024.

“Pertemuan ini terkait kesiapan Maluku menjadi embarkasi haji antara. Tadi sudah kita rapatkan dengan pak gubernur menyangkut beberapa persayaratan yang harus terpenuhi, termasuk Peraturan Gubernur maupun persayaratan teknis lainnya. Pergub sudah terpenuhi, syarat kesiapan teknis oleh Pemerintah Daerah dan unsur lain serta kesiapan asrama juga sudah siap. Semoga Insha Allah tahun 2024 embarkasi haji antara ditetapkan,”ungkap dia.

Syaiful juga menyampaikan, beberapa persayaratan yang akan ditinjau oleh Tim Visitasi EHA, diantaranya adalah kesiapan Bandara Pattimura dan gedung asrama haji yang nantinya menampung jamaah haji. Hal ini penting, karena Kementerian Agama telah menetapkan One Top Service (sistem satu atap) guna memberikan layanan kepada jamaah haji.

“Jika sudah menjadi embarkasi haji antara, seluruh administrasi diselesaikan di gedung asrama haji disini. Setelah selesai, jamaah haji menuju bandara untuk diberangkatkan ke Arab Saudi,” tandasnya.

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi bersama Tim Direktorat Penyelenggara Haji Umroh Kementerian Agama RI yang dipimpin Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama RI, H. Saiful Mujab, Gubernur Maluku Murad Ismail mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan Tim Kemang RI ke Provinsi Maluku.

Dikatakan, Provinsi Maluku, telah mengajukan usul penetapan EHA, kepada Kementerian Agama sejak tahun 2020.
“Ini menjadi harapan masyarakat Maluku dalam rangka meningkatkan layanan haji,” ujarnya.

Untuk itu, Gubernur berharap kepada Kementerian Agama, Pemerintah Provinsi Maluku beserta seluruh instansi terkait, untuk menyiapkan segala dokumen dalam rangka penetapan Bandar Udara Pattimura Ambon sebagai embarkasi haji antara tahun 2024.

Rapat Koordinasi turut dihadiri Sekda Maluku Sadali Ie, Wakil Ketua DPRD Maluku Asis Sangkala, Kepala Kantor Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin, Perwakilan PT Angkas Pura Ambon, Kesehatan Pelabuhan Ambon, Kantor Imigrasi serta unsur terkait lainnya yang berhubungan dengan proses perwujudan EHA di Maluku. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku