Connect with us

News

DI PUNCAK HKG KE 52, WIDYA UCAPKAN TERIMAKASIH SINERGITAS SEMUA PIHAK WUJUDKAN PELAKSANAAN 10 PROGRAM PKK DI MALUKU

Published

on

AMBON- Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku menggelar peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-52 Tahun 2024, di Aula Lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Sabtu )9/3/2024). Peringatan HKG ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail, Plt Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Maluku, Kasrul Selang (mewakili Gubernur Maluku) dan salah satu Ketua Pokja TP PKK Provinsi Maluku, Nita Sadali Ie.

Ketua TP PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad yang saat itu menyampaikan sambutan Ketua Umum Penggerak PKK, Ny Tri Tito Karnavian mengucapkan Selamat Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52, dan selamat atas terlaksananya kegiatan ini yang dapat membawa semangat dan energi baru pada setiap langkah seluruh kader PKK, untuk bergerak bersama mensukseskan program pemerintah.

“Atas dasar itulah, maka tema HKG ke-52 tahun 2024 ini adalah “Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju”. Bergerak bersama mengandung makna keserempakan gerak kader PKK bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga Rakyat Indonesia,”ungkap dia.

Sebagaimana Visi TP PKK yaitu, terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera lahir dan batin, Try berharap TP PKK dapat mengembangkan program-program PKK di daerah masing-masing, sehingga senantiasa sejalan dengan program-program pemerintah dan pemerintahan di daerah.

“Melalui 10 program pokok PKK, TP PKK dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi serta sinergi dengan para stakeholder baik pemerintah daerah maupun lembaga non pemerintah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Untuk memperkuat hal itu, Tri menyampaikan tiga hal yang perlu mendapat perhatian, yakni, pertama, memantapkan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Kedua, mengoptimalkan potensi masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mempercepat pembangunan nasional dan daerah, dan ketiga, pencapaian PKK dalam pelaksanaan rencana induk gerakan PKK tahun 2021-2024.

Dalam kesempatan itu, usai menyampaikan sambutan Ketua Umum TP PKK, selaku Ketua TP PKK Maluku, Widya menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Maluku selaku Pembina TP PKK dan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang selama ini bersama TP PKK mewujudkan 10 program PKK utamanya dalam mensejahterakan masyarakat.

“Terima kasih saya sampaikan kepada Bapak Gubernur Maluku selaku Pembina TP PKK yang selalu mensuport, memberikan dukungan melalui OPD-OPD dalam hal bersinergi mendukung 10 Program PKK.

Alhamdulillah, salah satu contoh konkret sinergi kita selama ini yakni bidang kesehatan, berupa adanya upaya bersama dalam penurunan prevalensi stunting di Maluku. Dimana kita ketahui bersama angka prevalensi stunting Maluku di tahun 2019 mencapai 34 persen dan di tahun 2022 angka prevalensinya turun menjadi 26,1 persen. Ini berkat kerjasama kita semua, sinergitas dan kolaborasi bersama,’’ ungkap Widya.

Ungkapan terimakasih juga disampaikan Widya kepada seluruh ketua dan pengurus organisiasi perempuan dan semua pihak di Provinsi Maluku, dalam keterlibatan dan saling support di setiap kegiatan.

“Tak lupa terimakasih saya kepada seluruh pengurus TP PKK Provinsi Maluku maupun Kabupaten/kota. Kita telah bersama-sama selama hampir lima tahun menjalankan 10 program pokok PKK kita, menjalankan program prioritas dari pemerintah pusat,”tandas Widya.

Sementara itu, Kasrul Selang Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Maluku, saat membacakan sambutan Gubernur Maluku menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, mengucapkan selamat atas peringatan ke-52 tahun Gerakan PKK.

“Mari kita jadikan momentum ini untuk mengevaluasi program-program kerja, sekaligus menambah semangat juang Tim Penggerak PKK, di daerah ini,” ujar Gubernur selaku Pembina TP PKK Provinsi Maluku dalam sambutan tertulisnya.

Gubernur berharap Tema Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK tahun ini dimaknai sebagai gerakan bersama yang difokuskan pada keberpihakan terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga, masyarakat dan bangsa Indonesia.

“Saya berharap kepada anggota PKK Provinsi dan kabupaten/kota se-Maluku agar menjadi garda terdepan dalam mewujudkan dan meningkatkan keluarga yang berkualitas, dimulai dari lingkungan sekitar tempat tinggal, hingga mencapai lingkup yang lebih luas,” katanya.

Sebagai mitra kerja pemerintah, Gubernur mengatakan, PKK diharapkan dapat terus berperan aktif bersama OPD terkait guna meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

“Selaku Ketua Pembina PKK Provinsi Maluku, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada TP PKK Provinsi dan Kabupaten Kota Se-Maluku, secara khusus kepada kader PKK di desa kelurahan yang selalu memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan Penyerahan anakan pohon cabai dari Ketua TP PKK Provinsi Maluku, kepada beberapa Organisasi Wanita, yakni TP-PKK Provinsi Maluku, Bhayangkari Polda Maluku, Dharmayukti Karini Ambon, Adhyaksa Dharmakarini Maluku, Jalasenastri Lantamal IX Ambon, dan Dharmawanita Persatuan Provinsi Maluku. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku