Connect with us

Daerah

SEKDA SADALI IE BUKA FORUM OPD DINAS PERTANIAN PROVINSI MALUKU

Ketgam: Sekda Maluku, Ir.Sadali Ie, M.Si, IPU membuka Forum OPD Dinas Pertanian Provinsi Maluku Tahun 2024 di Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kamis (14/3/2024).

Published

on

AMBON- Dinas Pertanian Provinsi Maluku menggelar Rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Pertanian Provinsi Maluku Tahun 2024, dibawah sorotan tema “Penguatan Fondasi Transformasi Melalui Pertumbuhan Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Rapat forum OPD tersebut, berlangsung Kamis (14/03/2024) di Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), dan dibuka resmi oleh Sekretaris Daerah Maluku, Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU, mewakili Gubernur Murad Ismail.

Rapat dihadiri Plh. Sekda Kabupaten SBT, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku, sejumlah Pimpinan OPD Lingkup Kabupaten Seram Bagian Timur dan Kepala Dinas Pertanian kabupaten/kota se-Maluku.

Gubernur Maluku, Murad Ismail, dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Maluku, Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU mengatakan,  kontribusi sektor pertanian dalam pembangunan daerah mampu mendorong peningkatan perekonomian daerah sebagai salah satu lapangan usaha yang paling dominan dalam memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi daerah di Provinsi Maluku serta mampu meningkatkan kesejahteraan petani yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai tukar petani secara signifikan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Kendati demikian, tantangan penurunan produksi pangan yang sedang dihadapi saat ini telah berdampak pada inflasi yang bersumber dari bahan pangan pertanian.

“Karena itu, saya menyambut baik pelaksanaan forum OPD Dinas Pertanian yang dilaksanakan di Kabupaten SBT sebagai rangkaian dari perencanaan pembangunan daerah tahun 2025. Dan  pembangunan pertanian merupakan pilar penting dalam pembangunan daerah,” imbaunya.

Provinsi Maluku, sebut Gubernur, berupaya untuk terus memperkuat sektor pertanian sebagai unggulan daerah melalui  peningkatan produksi pangan strategis dan mendorong penguatan pangan lokal seperti sagu, ubi kayu, jagung, sukun dan pangan lainnya dalam mengatasi kelangkaan pangan khususnya beras maupun kenaikan harga beras secara signifikan dalam beberapa waktu terakhir ini.

“Saya berharap, program percepatan pembangunan pertanian yang telah dilaksanakan selama tahun 2023 terus ditingkatkan, antara lain peningkatan ekspor komoditas perkebunan, percepatan penyerapan KUR Pertanian dan Asuransi Tani, dukungan program pencegahan stunting, peningkatan SDM penyuluh pertanian, petugas POPT, pengawas benih tanaman, peningkatan produksi dan produktivitas serta peningkatan kesejahteraan petani dengan meningkatkan nilai tukar petani,”harap Gubernur.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga memberikan apresiasi kepada Dinas Pertanian yang telah berkolaborasi dengan beberapa pihak antar lain Bank Indonesia Perwakilan Maluku, Badan Standarisasi dan Instrumen Pertanian (BSIP) Provinsi Maluku, TP PKK Provinsi dan kabupaten/kota dengan “Gerakan Tanam Cabai” pada tahun 2024 maupun distribusi bibit cabai kepada para petani dan masyarakat sebagai upaya mengatasi dan mengendalikan inflasi di daerah. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku