Connect with us

News

PJ. GUBERNUR MALUKU HADIRI PELUNCURAN TAHAPAN PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAGUB

Published

on

AMBON, – Pj. Gubernur Maluku, Sadali Ie, menghadiri acara Peluncuran Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Tahun 2024 di Lapangan Merdeka, Kamis malam, 23 Mei 2024.

Peluncuran Tahapan Pemilihan Pilkada tersebut diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan hadiah bagi pemenang sayembara jingle dan maskot pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Tahun 2024, serta dilanjutkan dengan acara musik.

Pj. Gubernur Maluku, Sadali Ie, mengatakan, pesta demokrasi Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur menjadi penting untuk digaungkan ke seluruh penjuru Maluku, karena merupakan hak paling mendasar yang dimiliki rakyat, dan itu tidak bisa dirampas oleh apapun atau siapapun, yakni hak asasi untuk memilih pemimpin yang mampu menghadirkan kehidupan yang lebih baik.

“Penulis Senior dan Aktivis asal Kanada, Naomi Klein, pernah berkata, demokrasi bukan hanya hak untuk memilih, itu adalah hak untuk hidup bermartabat. Filosofi bijak ini menjadi
bahan refleksi bagi kita semua saat menggelar acara ini, agar memahami esensi dasar dari perhelatan demokrasi adalah pintu masuk menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik dan lebih bermartabat,” katanya.

Selain itu, lanjut Pj. Gubernur, peluncuran tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku adalah saat yang tepat untuk bergandengan tangan membangun komitmen dan sinergitas lintas sektoral, guna menyukseskan pilkada serentak di Maluku.

“Saya mengajak kita semua untuk bersatu menyukseskan penyelenggaraan pilkada ini. Mari jadikan proses ini sebagai perayaan demokrasi yang tidak hanya berarti memilih pemimpin, tetapi juga mengukuhkan komitmen pada nilai-nilai persatuan dalam suasana perdamaian sebagai sesama orang basudara,” ajaknya.

Pemerintah Provinsi Maluku, kata Pj. Gubernur, juga telah melakukan berbagai persiapan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pilkada melalui penetapan Keputusan Gubernur Maluku Nomor 28 Tahun 2024 tentang Pembentukan Dukungan Elemen Satuan Kerja Pemilihan Kepala Daerah (Desk pilkada) Serentak Tahun 2024. Selain itu, dukungan anggaran, personil dan sarana prasarana pendukung telah disiapkan sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan daerah.

“Kami berharap semua dukungan dari pemerintah daerah berdampak positif bagi suksesnya penyelenggaraan Pilkada di Maluku,” harapnya.

Ditempat yang sama, Anggota KPU RI, Betty Epsiloon Idroos, mengingatkan kepada seluruh stakeholder memiliki komitmen dan profesionalitas dalam penyelenggaraan pelaksanaan setiap tahapan, serta mempedomani setiap peraturan UU, peraturan/keputusan KPU dan bentuk kebijakan lainnya.

“Mohon tetap peduli terhadap isu-isu lokal yang membangkitkan rasa nasionalisme, dan tetap transparan dalam bekerja sebagai penyelenggara untuk hasil ankutabel dan diterima oleh semua pihak,” kata Betty mengingatkan.

Di sisi lain, Betty juga mengakui
KPU tidak dapat bekerja sendiri. Mereka tetap membutuhkan dukungan seluruh stakeholder dengan adanya komunikasi dan koordinasi sebaik mungkin kepada semuanya.

“Apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah daerah dan jajaran yang telah memberikan dukungan dan peran aktif dalam penyelenggaraan pemilu selama ini dan untuk pilkada 2024,” tutup Betty.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Peluncuran Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota yang ditandai dengan Coblos Kertas Suara.

Sebagai informasi, peluncuran Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Tahun 2024 juga dihadiri beberapa pimpinan Forkompinda diantaranya Ketua KPU Maluku, M. Shaddek Fuad, Danlanud Pattimura, Kolonel Pnb Jhonshon Henrico Simatupang, Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Stephen M. Napiun, Kasdam Pattimura, Brigjen TNI Dr.H. Nefra Firdaus dan Kapolresta Ambon, Kombes Pol Driyano Andri Ibrahim.

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku