Connect with us

News

PJ. GUBERNUR MALUKU DAN ISTERI HADIRI PERAYAAN IDUL ADHA DAN FESTIVAL ABDAU NEGERI TULEHU

Ketgam: Pj. Gubernur Maluku Sadali Ie dan Isteri Ny. Nita Sadali, bersama Panitia Penyelenggara Perayaan Idul Adha dan Festival Abda’u 1445 Hijriah/2024 Masehi Negeri Tulehu. Foto: Adpim

Published

on

TULEHU- Tradisi Karnaval Abdau yang dilaksanakan setiap tahun bersamaan dengan perayaan Idul Adha kembali dilaksanakan masyarakat Negeri Tulehu, Maluku Tengah.

Karnaval 1445 Hijriah/2024 Masehi Negeri Tulehu, dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur Maluku Sadali Ie dan Isteri Ny. Nita Sadali, di Pelataran Tuplaz NegeriTulehu, Senin (17/6/2024).

“Saya menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat Tulehu, yang secara konsisten dan kontinyu menyelenggarakan festival ini, sebagai bagian dari upaya kita semua untuk melestarikan dan mengembangkan budaya Maluku,”kata Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie dalam sambutannya.

Perayaan Idul Adha dan Atraksi Abda’u, kata Sadali adalah tradisi yang mengandung nilai-nilai religi, adat dan sosial budaya yang terus dilestarikan oleh masyarakat negeri Tulehu.

“Tradisi ini, menjadikan Negeri Tulehu tetap eksis dalam memperkaya budaya di Provinsi Maluku, serta menjadikannya sebagai bagian dari salah satu kekayaan warisan budaya nasional,’’ungkapnya.

dikatakannya, kekayaan budaya yang dipertunjukan dalam festival Abda’u ini merupakan bentuk atraksi wisata budaya yang sangat penting untuk dilestarikan, dipublikasikan dan diagendakan dalam kalender pariwisata Provinsi Maluku.

“Semangat perayaan Idul Adha dan atraksi Abda’u hari ini, hendaknya menjadi sumber inspirasi dalam membangkitkan kesadaran kolektif masyarakat Maluku untuk bersatu, serta merawat kerukunan hidup orang basudara,”ajak Sadali.

Ia pun berharap, atraksi Abda’u ini, dapat dipertahankan, dikembangkan dan dikemas menjadi atraksi budaya yang berkualitas sebagai warisan budaya Indonesia, sehingga menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang berkunjung dan menyaksikan festival Abda’u ini.

“Pemerintah daerah tentu berkomitmen untuk terus memberi perhatian bagi berbagai program pengembangan seni budaya Maluku, seperti festival Abda’u ini. Untuk itu, saya mengajak semua pihak, tokoh masyarakat, para budayawan, seniman di maluku untuk saling bekerjasama, mengembangkan budaya Maluku kearah yang semakin produktif,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Sadali mengucapkan terima kasih kepada warga Tulehu, yang telah menjaga, merawat, mewarisi dan mengembangkan secara baik dan benar atraksi Abda’u yang diwariskan oleh orang-orang tua Tulehu ini.

“Saya sangat berharap, atraksi budaya ini harus terus dijaga, sebagai berkah bagi anak cucu kita pada masa yang akan datang,”pungkasnya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku