Connect with us

News

PJ. GUBERNUR MALUKU IKUTI RAPAT FASILITASI DAN KOORDINASI DUKUNGAN PILKADA SERENTAK 2024 YANG DIPIMPIN MENDAGRI TITO KARNAVIAN

Published

on

AMBON- Kementerian Dalam Negeri (Kemnedagri) Republik Indoensia mengadakan rapat bersama Penjabat (Pj) Kepala Daerah (KDH) di seluruh Indonesia dalam rangka Fasilitasi dan Koordinasi Dukungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang dijadwalkan akan berlangsung pada 27 November 2024.

Rapat yang dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhamad Tito Karnavian ini, diikuti seluruh Pj Gubernur, Bupati, dan Walikota termasuk Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie, yang mengikuti secara virtual dari ruang rapat utama, Kantor Gubernur Maluku, Kamis (20/6/2024).

Ada 8 (delapan) arahan dan penekanan yang disampaikan Mendagri Tito Karnavian untuk penjabat kepala daerah. Diantaranya, yakni mematuhi tugas dan wewenang sebagai Penjabat Kepala Daerah dan membangun sinergi antar elemen pendukung.

“Mulai dari KPU, Bawaslu, Pemerintah Pusat/Pemda, TNI Polri, Parpol/Paslon, Media/Pers dan masyarakat. Ini kita lakukan untuk keberhasilan Pilkada Serentak 2024,” ungkap Tito Karnavian.

Arahan dan penekanan juga ditujukan kepada penjabat kepala daerah yang akan menjadi calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur, calon Bupati dan calon Wakil Bupati, maupun calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota harus memenuhi syarat diantaranya tidak berstatus sebagai Pj Gubernur, Pj Bupati, Pj WaliKota.

“Penjabat Kepala Daerah yang ingin mencalonkan diri agar administrasi pengunduran dirinya disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri selambat-lambatnya 40 hari sebelum tanggal pendaftaran pasangan calon, tidak melakukan tindakan pidana yang melanggar ketentuan, ” ujarnya.

Kepala daerah maupun penjabat kepala daerah juga diarahkan untuk segera merealisasikan anggaran hibah Pilkada Serentak 2024.

“Kemudian menjaga netralitas, kondusifitas dan tidak berpihak kepada salah satu partai politik atau pasangan calon Pilkada,”jelasnya.

Selain itu Tito Karnavian juga memberi arahan agar Penjabat Kepala Daerah memberikan dukungan sarana dan prasarana kepada KPUD dan Bawaslu Daerah serta memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti Satlinmas dan Satpol PP sebagai tugas ketertiban TPS Pilkada Serentak 2024 (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku