Connect with us

News

Gubernur Maluku Resmi Buka MTQ ke-30 Tingkat Provinsi di Kota Ambon

Published

on

AMBON- Gubernur Maluku, Ir. Sadali Ie, M.Si, IPU, membuka lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2024 di Lapangan Merdeka, Ambon, Sabtu Malam (22/6/2024).

MTQ yang mengusung tema “Mewujudkan Masyarakat Cinta Al´Quran Untuk Bangsa Yang Bermartabat di Bumi Nusantara” ini akan berlangsung pada tanggal 23 – 28 Juni 2024, dimana Kota Ambon sebagai tuan rumah penyelenggaraan.

Kegiatan ini diikuti 354 peserta dari 11 kabupaten/ kota se- Maluku Semua peserta mengikuti 7 (tujuh) cabang golongan mata lomba, meliputi, tilawah Alquran, Hifzil Quran, Qiaraat, Fahmil Quran, Syarhil Quran, penulisan karya ilmiah Alquran dan Khat Alquran.

Prosesi pembukaan MTQ diawali dengan ucapan selamat dan sukses atas pelaksanaan MTQ ke-30 oleh seluruh pimpinan Forkopimda Provinsi beserta Bupati/Walikota se-Maluku secara virtual, kemudian diikuti dengan defile Kafilah dari seluruh Kabupaten/Kota se-Maluku.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Maluku Sadali Ie mengatakan, pelaksanaan event-event keagamaan seperti MTQ mempunyai posisi yang sangat vital dan strategis dalam rangka pembangunan mental spiritual bangsa Karena masalah moral atau mental spiritual akan sangat menentukan masa depan peradaban bangsa ini.

“Sebagaimana bunyi syair Arab : Suatu bangsa akan tetap eksis atau terkenal karena budi pekertinya, tetapi kalau budi pekertinya hancur maka bangsa itu akan hancur bersama hancurnya budi pekerti itu,” katanya.

Hal ini ditegaskan karena menurut mantan Kadis Kehutanan Provinsi Maluku itu, relisme-historis menunjukkan banyak bangsa, kerajaan serta tokoh yang punya pengaruh besar, hancur karena rusaknya budi pekerti.

“Tetapi seharusnya kita dapat menangkap makna dan intisarinya serta berimplikasi secara signifikan terhadap pembangunan akhlak dan peradaban bangsa,” tegasnya.
Pj. Gubernur kemudian mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan untuk menjadikan Maluku sebagai daerah yang aman, damai, sejahtera dan bermartabat berbasis pada nilai-nilai universal agama.

“Saya berharap MTQ ini dapat melahirkan generasi Qur’ani yang punya kecerdasan intelektual-sosial dan spiritual sebagai modal sosial untuk membangun Maluku yang maju dan sejahtera,” harapnya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU)

Trending

Copyright © 2021 Humas Maluku